Ada Sekitar 38,2 Juta Nama Domain Baru Setiap Tahunnya

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Pengumuman terbaru dari VeriSign, memperlihatkan bahwa jumlah nama domain telah bertambah menjadi sekitar 8,6 juta. Jumlah penambahan tersebut didapat dari data kuartal kedua tahun 2016. Hal ini seperti dilansir dari Tempo Tekno (21/9/2016).

VeriSign adalah perusahan yang bergerak dibidang pengelolaan nama domain dan keamanan. Data – data tersebut mereka peroleh dari Domain Name Industry Brief (DNIB). Dengan adanya penambahan jumlah tersebut, total nama domain saat ini ada sekitar 334,6 juta sampai dengan 30 Juni 2016. Angka tersebut merupakan semua domain tingkat atas atau top level domains (TLDs).

“Peningkatan tersebut menandai pertumbuhan sebesar 2,4 persen dibandingkan kuartal pertama pada tahun 2016,” menurut VeriSign pada Selasa 20 September 2016, seperti dikutip Tempo Tekno. Pertumbuhan dari pendaftaran domain untuk seluruh dunia telah berkembang dari 38,2 juta atau sekitar 12,9 persen setiap tahunnya.

Apabila dianalisa secara rinci, maka domain tingkat atas (TLDs) dengan penggunaan .com serta .net didapati penambahan jumlah yang cukup besar, jumlah keduanya sekitar 143,2 juta nama domain. Ini memperlihatkan adanya penambahan sebesar 7,3 persen setiap tahunnya. Untuk .com sendiri jumlahnya ada sekitar 127,5 juta, sementara untuk .net ada sekitar 15,8 juta di tahun 2016.

Pada kuartal kedua tahun 2016, total ada sekitar 8,6 juta nama domain berektensi .com dan .net. Sementara di kuartal kedua 2015, jumlah penambahan nama domain berektensi .com dan .net sejumlah 8,7 juta.

Rata – rata permintaan Sistem Nama Domain (DNS) setiap harinya ada sekitar 130 miliar permintaan untuk seluruh TLD yang dioperasikan oleh Verisign selama kuartal kedua tahun 2016, dengan jumlah paling tinggi hampir mencapai 179 miliar.

Apabila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, maka jumlah permintaan harian naik sebesar 4,9 persen dan paling tinggi sekitar 5,0 persen. Jumlah peningkatan setiap tahunnya tumbuh menjadi sekitar 17,0 persen.

Untuk keperluan itu Verisign meluncurkan Ikhtisar Industri Nama Domain, di dalamnya terdapat data statistik serta analitik hasil riset terkait dengan industri nama domain yang dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna Internet di dunia. Untuk memperoleh Data Ikhtisar Industri Nama Domain periode kuartal kedua 2016 termasuk laporan – laporan sebelumnya dapat diakses di Verisign.com/DNIB.