Alasan Kenapa Drivers Pada Windows Tanggalnya Selalu 21 Juni 2006

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Mungkin ada beberapa kita yang memperhatikan tanggal driver generic yang diterapkan oleh Microsoft pada sistem operasinya tanggal 21 Juni 2006. Pastinya ini bukanlah sebuah kesalahan ataupun masalah pada sistem operasinya. Tujuan tanggal dibuat demikian karena memang dibuat agar pengguna dapat menggunakan driver yang paling cocok.

Bagi para pengguna komputer yang telah menggunakan sistem operasi Windows cukup lama mungkin bertanya-tanya kenapa tanggal yang digunakan pada drivernya tanggal 21 Juni 2006. Bahkan hal tersebut menimbulkan pemikiran bahwa ternyata Microsoft masih menggunakan driver yang sudah tua, tapi masih bisa membuat Windows berfungsi dengan baik.

Tentu ada alasan dibalik itu semua, Zac_I seorang Developer dari Microsoft menjelaskan di Reddit bahwa penggunaan tanggal 21 Juni 2006 merupakan tanda ketika Windows Vista mencapai peluncuran produksinya (Released to Manufacturing) pada tanggal 21 Juni 2006. Tujuannya jelas yaitu untuk memberikan driver yang paling terkini dan sesuai untuk sistem komputer mereka.

Dengan menggunakan tanggal 21 Juni 2006 sebagai tanggal pada generic driver, memastikan perangkat keras yang kita gunakan tidak menggunakan driver dari pihak ketiga yang sudah tidak terupdate dan itu pun kalau tersedia. Berikut penjelasan dari pengembang Microsoft:

“Ketika driver PnP (Plug n Play) bekerja, hal pertama kali yang dicek adalah ID perangkat keras, lalu drivernya yang sesuai. Apabila dua driver tersebut sesuai dengan perangkat keras yang digunakan, penyesuaian yang pertama kali dilakukan adalah tanggal dari driver. Jadi, jika kita memiliki perangkat yang dapat menggunakan driver bawaan dari sistem operasi Windows, dan kita telah memasang driver OEM dari perangkat yang kita gunakan, maka setiap kali Microsoft melalukan update terhadap driver secara otomatis akan mengganti driver bawaan dari perangkat yang kita pasang, karena tanggalnya lebih baru dari pada yang ada pada Windows,” jelas pengembang.

“Bagaimana kita menghindari hal ini? Setiap driver yang digunakan memiliki tanggal RTM dari Windows Vista, terlepas dari kapan terakhir diperbarui (kami memperbarui nomor versi, yang merupakan langkah selanjutnya apabila tanggalnya sama). Karena hanya driver yang digunakan pada Windows Vista yang kompatibel dengan versi Windows terbaru, setiap driver harus memiliki tanggal lebih baru daripada Vista RTM, sehingga ini membuat driver yang terpasang menjadi driver dengan peringkat terbaik dalam Windows, ” imbuhnya.(hh)