Alat Medis Ini Didukung Game Boy Advance

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Siapa yang sangka sebuah perangkat permainan dapat digunakan untuk mendukung fungsi sebuah alat medis. Itulah yang membuat seorang pengguna Twitter kebingungan, yang diungkapkannya melalui cuitannya.

Seorang pengguna Twitter kebingungan ketika ia membuat sebuah perangkat pengukur elektrodiogram dan menemukan komponen yang merupakan bagian dari perangkat permainan Game Boy Advance.

Perangkat medis itu dibuat oleh perusahaan asal Jerman bernama Medical Imaging Electronics yang memanfaatkan gelombang yang dihasilkan oleh ECG menjadi bagian terpisah menjadi hasil rekaman atau gambar yang perangkatnya dapat dikontrol secara elektronik.

Pada awalnya perangkat medis tersebut terlihat seperti perangkat medis pada umumnya. Baru ketika perangkat tersebut dibuka terlihat komponen – komponen elektronik yang merupakan bagian dari perangkat Game Boy Advance, yang telah di dekonstruksi dan dipasang didalam perangkat medis tersebut.

Perangkat medis dengan Game Boy Advance didalamnya mungkin terlihat aneh, tetapi hal itu memang tidak umum. Sebelum adanya komputer yang memiliki satu prosesor seperti Raspberry Pi yang saat ini populer, Game Boy Advance sering digunakan, dikarenakan murah dan juga mudah untuk dikontrol dan diprogram untuk segala jenis keperluan. Misalnya saja seperti mesin jahit atau sonar untuk mencari ikan hingga kedalaman 20 meter.

Khusus penggunaan Game Boy Advance pada elektrokardiogram (ECG) idenya sendiri telah ada cukup lama. Ini bisa dilihat dari sebuah paten yang didaftarkan pada tahun 1977. Paten tersebut menjelaskan bagaimana Game Boy Advance di integrasikan pada perangkat ECG, termasuk fungsi – fungsi modularnya, mobiliti, kestabilan dari sistem, akses langsung ke data tanpa diperlukan adanya tambahan perangkat keras serta mudah digunakan dan tentunya mengurangi biaya.

Saat ini memang sudah tidak diperlukan lagi untuk memodifikasi perangkat Game Boy, tetapi melihatnya terpasang pada perangkat yang sudah lama cukup menarik juga. Perangkat yang diretas dan tersembunyi dari pandangan mata, di tempat yang kita tidak pernah pikirkan.(hh)

Sumber