Android Berjalan Mulus di iPhone 6S

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Ternyata iPhone 6S tidak hanya dapat menjalankan system operasi iOS. Dengan bantuan alat tambahan berupa casing, ponsel canggih ini bisa digunakan untuk mengoperasikan system operasi Android.

Nick Lee adalah orang dibalik itu semua, sebelumnya dia telah berhasil melakukan perubahan pada Apple Watch untuk dapat menjalankan sistem operasi Windows 95. Kali ini proyeknya ialah memodifikasi iPhone agar dapat menjalankan system operasi Android.

Casing yang digunakan disini bukanlah casing biasa yang umumnya digunakan untuk melindungi badan ponsel. Pada casing hasil modifikasi Lee ini telah dipasang berbagai macam komponen berukuran kecil yang bekerja sebagai platform untuk system operasi Android di iPhone 6S.

Pada tahap awal, Lee menggunakan printer 3D buatan Thingeverse guna membuat dan mencetak casing iPhone 6S Plus. Setelah itu Lee memasang aplikasi Android Open Source Project (AOSP) di dalam komponen yang telah dibuat oleh Lemaker HiKey.

Komponen itu kemudian dipasang dibagian dalam casing. Komponen tersebut dilengkapi dengan prosesor ARM Corted A-53 dan satu baterai 650 mAh. Disamping itu, Lee juga telah menyiapkan aplikasi khusus iOS yang dibuatnya untuk melakukan komunikasi dari ponsel dengan komponen yang telah terpasang didalam casing.

Seperti yang dilansir oleh KompasTekno dari Android Authority, Sabtu (11/6/2016), casing itu kemudian dihubungkan ke iPhone 6S menggunakan kabel USB. Selanjutnya aplikasi khusus yang telah dibuat oleh Lee diaktifkan, maka iPhone 6S akan berubah tampilannya menjadi Android.

Hasilnya keseluruhannya dapat dilihat di video berikut.

Pada video tersebut dapat dilihat system operasi Android dapat berjalan mulus tanda ada masalah di iPhone 6S. Tapi sebenarnya system operasi Android tersebut bisa berfungsi karena memanfaatkan sumber daya yang ada pada casing hasil buatan Lee.