Apikasi Google Ini Buat Tablet Jadi Aman Untuk Anak – Anak

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Aplikasi Google Family Link akan membuat orang tua merasa lebih aman menyerahkan perangkat Android lamanya kepada anak – anak, karena mereka tidak perlu khawatir anak – anak akan mengunduh aplikasi di Play Store atau mengakses situs – situs yang tidak sesuai untuk mereka.

Caranya mereka hanya perlu membuat akun Google untuk anak – anak mereka dan mengunduh aplikasi Family Link, yang baru saja diluncurkan. Hingga saat ini banyak orang tua yang telah meminta Google untuk menghadirkan aplikasi yang dapat membantu mereka mengontrol apa saja yang dilakukan anak – anak dengan perangkat Android mereka dan akhirnya Google pun menanggapinya.

Aplikasi Family Link memungkin orang tua untuk menyetujui atau memblokir aplikasi yang akan di download oleh anak – anak mereka melalui Play Store. Selain itu mereka juga dapat mengawasi waktu penggunaan dan aplikasi apa saja yanbg mereka akses. Orang tua juga dapat menentukan batas waktu penggunaan perangkat dan mengakses secara remote perangkat mereka, ketika anak – anak mereka harus tidur atau belajar.

Amazon juga telah membuat untuk tablet yang aman untuk anak – anak, yaitu Fire tablet. Oleh karena itulah Google meluncurkan aplikasi Family Link. Tablet buatan Amazon memberikan akses kepada orang tua untuk menyetel batas waktu layar, dan mulai memberikan akses untuk melihat data pada aplikasi yang digunakan anak – anak mereka dan mendata situs – situs yang di akses. Bahkan pada bulan April, Amazon telah meluncurkan dashboard khusus untuk orang tua.

Namun, Google belum siap untuk menghadirkan dashboard serupa pada melalui Family Link. Disamping itu, ada sejumlah aplikasi pesan instan dan pemutar music yang tidak akan dipantau sama sekali. Walaupun demikian, aplikasi Family Link merupakan cara aman untuk menyerahkan perangkat Android lama mereka untuk digunakan oleh anak – anak, sehingga mereka tidak harus membeli tablet khusus untuk anak – anak. Google juga telah memberikan pilihan kepada orang tua tanpa khawatir anak – anak mereka mengakses internet tanpa pengawasan.

Sayangnya aplikasi Family Link hanya dapat digunakan pada perangkat Android lama yang menggunakan Nougat dan versi diatasnya. Beberapa perangkat yang menggunakan Marshmallow bisa menjalankannya. Selain pada perangkat Android, aplikasi Family link juga dapat dipasang pada iPhone yang menggunakan versi iOS 9 atau lebih tinggi.(hh)

Sumber