APJII Bantu Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Acara Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2016 hari ini Selasa, 22 November 2016 resmi dibuka. Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh APJII dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke 20.

IIXS 2016 adalah merupakan pameran khusus bagi para pelaku di industri internet. Event yang diadakan hari ini adalah yang pertama kalinya diselenggarakan. Kedepannya akan menjadi kegiatan yang akan diadakan setiap tahun.

Pada IIXS 2016 hadir para pelaku dari industri internet serta berbagai bidang Telekomunikasi dan IT. Dimana mereka memamerkan produk-produk dan jasa-jasa mereka. Selain itu diadakan juga konferensi atau summit serta peluncuran dan demo berbagai macam produk yang berhubungan dengan industri internet.

Penyelenggaraan IIXS akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 22 sampai dengan 24 November 2016. Dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB. Lokasi kegiatan bertempat di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Puncak acaranya adalah pemilihan Duta Internet 2016 yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 24 November 2016, yang sekaligus penutupan IIXS 2016. Misi yang dari Duta Internet ini nantiya adalah mengkampanyekan Gerakan Internet Bersama ( Bersih, Tertib dan Aman).

Melalui IIXS 2016, diharapkan dapat terjalin network baru bagi para pelaku industri Internet dan menjadikannya sebagai wadah untuk meningkatkan kinerja dalam rangka memperluas jaringan Business to Business (B2B) serta Business to Customr (B2C).

Didalam sambutannya Jamalul Izza (Ketua APJII) menginformasikan bahwa APJII dan MASTEL telah mendirikan Koperasi Digital pertama di Tanah Air. Dimana program ini adalah milik rakyat Indonesia. APJII dan MASTEL dalam hal ini merupakan pencetus yang melahirkan Koperasi Digital tersebut.

APJII juga akan memberikan kontribusi bagi industri internet di Tanah Air. Jadi tidak sekedar pada infrastrukur saja, tetapi juga bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi negara lain.

Terselenggaranya IIXS 2016 didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Kominfo, Kementerian Koperasi dan UKM, Bekraf, MASTEL, Digicoop atau Koperasi, Digital Indonesia Mandiri, Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI), Smesco Indonesia, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Liga Digital, Goviral, dan Asosiasi Digital Enterpreuneur Indonesia (ADE).(hh)