Aplikasi Gratis Ini Mampu Berikan Kemampuan Kecerdasan Buatan Pada Sebuah Komputer

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Saat ini kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) sedang berkembang dengan pesat. Apalagi kecerdasan buatan sudah menjadi sesuatu hal yang tidak aneh lagi dan penggunaannya pun sudah semakin luas. Semua ini berkat sistem kecerdasan yang sudah lebih baik, disamping chatbot juga sudah memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Melalui tulisan kali ini, kami akan coba membahas mengenai sebuah aplikasi yang dapat memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan komputer yang kita gunakan melalui perintah suara. Tentunya apabila kita memiliki ponsel pintar berbasis Android atau iOS maka kita tentu mengetahui mengenai Google Personal Assistant ataupun Siri pada iPhone. Dimana kemampuan serupa kita dapat hadirkan pada komputer atau notebook yang biasa kita gunakan.

Aplikasi yang dapat memberikan kemampuan kecerdasan buatan pada komputer ini bernama Braina. Dimana Braina merupakan kepanjangan dari “Brain Artificial” (Otak Buatan). Aplikasi ini adalah asisten pribadi virtual yang pintar, disamping itu ia juga memiliki antarmuka (interface)untuk bahasa yang digunakan oleh manusia serta memiliki fitur sistem otomatisasi untuk komputer/notebook berbasis Windows. Tujuan aplikasi ini dikembangkan adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna komputer.

“Braina bukan Siri atau clone dari Cortana untuk komputer, Braina adalah sebuah aplikasi produktivitas yang handal, baik untuk keperluan pribadi atau kantor. Selain itu ia tidak seperti ChatBot, prioritasnya adalah untuk membuatnya berfungsi dengan sangat baik dalam membantu manusia dalam melakukan tugas-tugasnya. Untuk berkomunikasi cukup ketikkan perintah atau dengan berbicara, dan Braina akan memahami apa yang ingin Anda lakukan,” seperti ditulis pada website resmi Braina.

“Braina merupakan hasil kerja sebuah penelitian yang solid pada bidang kecerdasan buatan. Kami mengembangkan Braina sebagai asisen digital yang dapat memahami, berpikir dan bahkan belajar dari pengalamannya, sama seperti proses yang terjadi pada otak manusia, sehingga Braina dapat melakukan pemahaman bahasa dari mempelajarinya melalui percakapan,” tambah keterangan tersebut.

Melalui perintah suara, Braina dapat membantu mencari informasi di internet, memutar lagu, membukakan file, mencari file di dalam direktori atau folder, mengatur dan menyetel alarm dan pengingat. Ia bahkan bisa memecahkan persoalan matematika, dan tentunya melakukan otomatisasi berbagai tugas komputer.

Saat ini Braina tersedia versi gratisannya yaitu Braina Lite, sementara disediakan juga Braina Pro dalam dua paket,  paket satu tahunnya dengan biaya 29 dollar dan untuk per tiga tahun sebesar 59 dollar Amerika. Braina Pro merupakan versi bagi pengguna yang ingin merasakan pengalaman penuh menggunakan kecerdasan buatan pada komputer ini.

Walau versi gratisannya memiliki fitur yang terbatas, namun sudah cukup memadai bagi yang ingin mengetahui dan menggunakan kecerdasan buatan pada komputer pribadi.(hh)