Aplikasi Palsu WhatsApp Ini Telah Diunduh Lebih Dari Satu Juta Kali

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Baru – baru ini sebuah aplikasi Android telah ditemukan dan sekilas aplikasi ini terlihat sama dengan aplikasi pesan instant populer yang banyak digunakan saat ini yaitu WhatsApp. Walaupun ini memang versi palsunya, tetapi yang paling penting adalah apa tujuannya?

Selain namanya yang sama, aplikasi palsu WhatsApp tersebut juga menggunakan nama pengembang yang asli. Tentu ini membuat orang yang tidak menyadarinya akan mengunduhnya, karena dikira aplikasi ini merupakan update dari WhatsApp.

Bahkan aplikai tiruan WhatsApp yangiketahui telah mampu memperdayai lebih dari satu juta pengguna. Mereka memberi nama aplikasi itu dengan “Update WhatsApp Messenger” dan yang membuatnya semakin terlihat serius adalah nama pengembang yang muncul yaitu “WhatsApp Inc”. Sebuah nama asli dari aplikasi pesan instan yang paling populer di toko aplikasi Android atau yang lebih dikenal dengan Google Play Store.

Trik yang digunakan peniru sangat pintar, agar mereka dapat lolos menggunakan nama seperti pengembang asli mereka menulis nama pengembang dengan “WhatsApp Inc. “, perhatikan spasi yang ada setelah tanda titik.

Dengan demikian Google melihatnya sebagai nama yang berbeda, begitu juga sepintas lalu dilihat oleh para pengguna. Karena mereka melihat nama yang digunakan sama dengan nama yang diberikan oleh Facebook pada perusahaan pengembang WhatsApp.

Seorang pengguna Reddit yang pertama kali menemukan dan mengenalinya, selanjutnya ia menyebarkan informasi tersebut untuk mengingatkan pengguna lain. Sekarang mereka telah menggunakan nama pengembang yang lain dan terlampir tampilan terakhir dari aplikasi tersebut di Google Play Store, tapi kita sudah tahu siapa mereka. Pastikan dan periksa kita tidak memasang aplikasi ini, karena tujuan dari sang penerbit aplikasi tidak diketahui dan bisa saja membuat sistem pada perangkat Android menjadi terancam.

Aplikasi WhatsApp Palsu

To identify the original version of the most used instant messaging application, you can see the scores, the name of the developer (although as we have seen, it is not entirely reliable), the version number or, directly, access from this official address.

Untuk mengenali versi asli dari aplikasi pesan instan yang banyak digunakan, kita dapat melihat dari penilaiannya, nama pengembang (walau ternyata ini tidak memberikan jaminan), nomor versi atau mengaksesnya langsung dari alamat resmi pengembang.

Sumber