Aplikasi Pariwisata Juarai Digital Economy Initiative Competition 2016

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Untuk mendukung pertumbuhan Digital Ekonomi, MASTEL bersama APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dari tanggal 18 Maret 2016 sampai dengan kemarin (20/3) mengadakan perlombaan pengembangan aplikasi dengan judul Digital Economy Initiative Competition 2016 (ICDE 2016). Acara yang diadakan dengan dukungan dari Telkom Indonesia dan berlokasi di Jakarta Digital Valley ini, diikuti oleh 21 kelompok yang berasal dari berbagai kota di Indonesia, diantaranya Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Peserta lomba pun berbagai macam, ada yang berprofesi sebagai Guru, Karyawan, Mahasiswa dan Pelajar SMA. Peserta yang tergabung dalam 21 kelompok ini adalah hasil seleksi atas idea submission yang dilakukan secara online dari tanggal 1 s/d 14 Maret 2016.

Dengan tema Digital Economy ini, MASTEL dan APJII otomatis berfokus pada upaya mencari aplikasi yang memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi. Melalui kegiatan coaching yang disertai seminar, MASTEL dan APJII menghadirkan berbagai pembicara yang kompeten dalam memberikan insight kepada peserta terkait Digital Economy. Lalu pada saat Final, peserta kembali diberikan pencerahan oleh “trustworthy authorities” yaitu Bapak Bambang Heru Tjahjono selaku Dirjen APTIKA Kemkominfo dan Bapak Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif.

Aplikasi Pariwisata terpilih sebagai Juara

Sesi Penjurian dimulai setelah rangkaian kegiatan opening final selesai dilakukan. Pemenang Digital Economy Initiative Competition 2016 hasil penilaian Dewan Juri sebagai berikut:
– Juara 1: Triviguide, Aplikasi bertema pariwisata
– Juara 2: Centras, Aplikasi matchmaking SDM
– Juara 3: Sponsorsip, Aplikasi crowdfunding
dan sebagai pemenang favorit, juri memilih Sebuku. Suatu Aplikasi yang dapat dipergunakan untuk jual beli buku bekas.

Dewan juri menilai ide menggarap sektor pariwisata yang diusung oleh Triviguide, memiliki validitas untuk diimplementasikan. Merujuk pada situs Kementerian Pariwisata, tertulis bahwa Pariwisata kini jadi andalan pendulang devisa Negara.

MASTEL dan APJII menyampaikan selamat kepada para pemenang dan sekaligus berharap para pemenang Aplikasi tidak berhenti mengembangkan karyanya agar bisa menjadi OTT Nasional yang menandingi OTT Asing, sebagaimana disampaikan Ketum MASTEL Bapak Kristiono di awal acara Final. [AR]