Aplikasi Populer Android ini Kumpulkan Data Penggunanya

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Para pengguna ponsel pintar Android telah mendapatkan peringatan mengenai aplikasi yang dapat mengumpulkan data sensitif dari penggunanya. Adanya pengumpulan data itu ditemukan oleh Andrey Meshkov, co-founder Adguard.

Menurut temuan Andrey, kampanye pengumpulan data itu akan memengaruhi aplikasi Android serta ekstensi untuk peramban Google Chrome. Bahkan menurut pakar keamanan setelah seorang korban masuk ke akun Facebook mereka, ekstensi Chrome akan menghapus semua data Facebook segera setelah browser dijalankan. Selain itu, sejarah pembelian akan diakses.

Data lain menjadi target termasuk postingan yang disponsori, tweet, video YouTube dan iklan yang telah dilihat dan berinteraksi dengan korban. Data ini kemudian dikumpulkan dan dikirim ke perusahaan pihak ketiga bernama Unimania yang kemudian dijual ke pihak lain untuk mendapatkan bayaran.

Aplikasi-aplikasi yang ditemukan mengumpulkan data penggunanya itu adalah:

Fast, yang merupakan alternatif klien untuk Facebook telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Aplikasi lainnya adalah Fast Lite, dijalankan oleh pengembang yang sama, yang telah memiliki lebih dari satu juta pemasangan.

Kedua aplikasi tersebut menyebutkan Unimania dalam kebijakan privasinya.

“Unimania mengumpulkan data demografis dan psikografis yang tidak dapat diidentifikasi secara pribadi serta kampanye, iklan, atau pos yang disponsori yang menargetkan anda secara langsung atau yang telah dibagikan dengan anda.”

Hasil yang dapat disimpulkan dari temuan tersebut, memperlihatkan bagaimana pengguna dapat melindungi diri mereka sendiri. Jadi ketika pengguna hendak memasang apliakasi apa pun di perangkat atau browser di ponsel pintar, pastikan untuk memaca kebijakan privasi. Karena hal ini tidak akan sia-sia dan semua yang ditemukan dalam kasus ini disebutkan dalam kebijakan privasi.

Selain itu jangan pernah memasang apa pun yang dibuat oleh pengembang yang tidak dikenal atau tidak dipercaya. Lakukan penelitian terlebih dahulu, cari tahu siapa pengembangnya dan kemudian putuskan apakah mereka dapat dipercaya atau tidak.(hh)

Sumber