Apple Luncurkan Aplikasi Augmented Reality Pertamanya

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Para analis melihat peluncuran aplikasi augmented reality (AR) merupakan langkah tepat dan penting yang diambil oleh Apple sejak diluncurkannya App Store. Apabila pembaharuan iOS 11 telah tersedia, didalamnya sudah termasuk teknologi baru yang nanti akan merubah cara kita menggunakan teknologi AR.

Dengan adanya augmented reality, memungkinkan pengguna mlihat melalui ponsel pintar mereka benda digital, dari Pokemon hingga furniture dari IKEA yang seolah – olah ada dihadapan kita.

Seperti dilansir dari Dailymail, ARKit adalah platform augmented reality yang dimasukan kedalam iOS 11 dan tidak memerlukan perangkat keras tambahan. Oleh karena itu akan langsung berfungsi pada iPhone dan iPad yang telah dilengkapi dengan prosesor A9 atau lebih tinggi.

Sementara upaya yang dilakukan sebelumnya pada teknologi tersebut mengalami cukup banyak kesulitan, dengan adanya platform dari Apple ARKit, maka pengembang akan dengan mudah menempatkan barang virtual mereka dimana saja.

Menurut Jan Dawson dari Jackdaw Research, platform yang dibuat oleh Apple tersebut adalah platform terpenting yang dibuat oleh Apple sejak kehadiran App Store di tahun 2008.

Dengan diluncurkannya pembaharuan untuk iOS 11, itu artinya akan menghadirkan teknologi AR untuk hampir 300 juta perangkat Apple yang telah ada di tangan para penggunanya.

Walaupun teknologi tersebut baru akan diungkapkan beberapa minggu lagi, aplikasi pertama yang menggunakan teknologi tersebut telah diperlihatkan. Seperti yang dilaporkan oleh Dailymail, mereka mendapatkan kesempatan untuk melihat aplikasi pertama yang dikembangkan oleh perusahaan dengan nama besar seperti IKEA dan AMC.

Salah satunya yang menjadi sorotan adalah The Walking Dead: Our World, yang diambil dari sebuah serial televisi yang sangat populer. Dimana dalam permainan akan menghadirkan zombie – zombie di lingkungan kita secara real time. Kita bisa menolong orang yang selamat dan memerangi musuh dengan senjata seperti busur dan panah, pedang, granat, senapan mesin dan lain – lain.

Sementara dari IKEA, mereka memanfaatkan augmented reality guna menghadirkan pengalaman lebih bagi para konsumennya. Para konsumen akan bisa melihat ukuran furnitur sebenarnya, sehingga memudahkan konsumen menentukan apakah furniture yang mereka akan beli sesuai untuk diletakkan di dalama rumah mereka. Ada sekitar 2,000 model 3D yang tersedia di katalog, kita tinggal memilih menempatkan barang virtual tersebut di dunia nyata.

Para pengembang melihat membuat aplikasi dengan menggunakan ARKit sangat mudah. Apabila kita telah mempunyai model 3D, maka prosesnya hanya membutuhkan waktu 7 sampai dengan 10 minggu. Simon Gardner, CEO dari Climax Studio, mengatakan kepada The Verge bahwa salah satu keuntungan adalah ada di basis pengguna. Karena akan ada jutaan perangkat yang compatible. ARKit berfungsi di iPhone 6S atau versi lebih tinggi dan pada semua iPad Pro.(hh)

Sumber