BBC Luncurkan Arsip Sejarah Komputer

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

BBC telah mempublikasikan sejarah perkembangan komputer, tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan pada masyarakat luas untuk mempelajari arsip tersebut, sehingga dapat mengilhami generasi para pengembang aplikasi.

Proyek Literasi Komputer (The Computer Literacy Project) memperkenalkan BBC Micro sebuah program yang memperkenalkan pemirsa pada prinsip-prinsip komputasi. Termasuk wawancara dengan para inovator seperti Bill Gates dan Steve Wozniak.

BBC berharap arsip tahun 1980-an itu akan dapat mendorong anak-anak muda untuk terlibat dalam dunia komputasi. Dengan dirilisnya arsip ini, pemirsa sekarang dapat mencari dan menelusuri semua program dari Proyek Literasi Komputer tersebut.

Berikut beberapa hal yang mereka akan dapatkan:

  • Tersedia 267 program
  • Dapat menjelajahi klip berdasarkan topik atau penelusuran teks
  • Dapat menjalankan 166 program BBC Micro yang digunakan di layar
  • Mencari tahu sejarah Proyek Literasi Komputer

Matthew Postgate, Kepala Teknologi dan Produk BBC, mengatakan bahwa arsip tersebut menawarkan kilas balik yang menarik dan nostalgia terhadap apa yang menjadi tonggak penting dalam sejarah komputasi.

“Perangkat kerasnya mungkin telah berubah, tetapi prinsipnya masih berlaku, yang menjadikannya sebagai sumber daya unik untuk pengajaran dan pembelajaran yang diharapkan akan dapat mendorong generasi baru pengguna komputer,” jelasnya.

Pada tahun 2016, BBC meluncurkan mikro komputer mini untuk satu juta anak sekolah di seluruh Inggris sebagai bagian dari upaya untuk membuat lebih banyak orang tertarik pada dunia coding.

Proyek ini terinspirasi oleh peluncuran BBC Micro empat dekade sebelumnya. Mesin tersebut dilihat oleh sejarawan komputer sebagai jembatan antara komputer rumah awal dan PC yang muncul pada 1990-an.

Ketika dipasarkan, sekitar 60 persen sekolah dasar dan 85 persen sekolah menengah mengadopsinya. TV seri yang terdiri dari 10 bagian tersebut yang pada awalnya akan disiarkan pada Januari 1982, tetapi akhirnya ditunda selama sebulan karena tingginya permintaan untuk pembelian Mikro.

Profesor Steve Furber adalah perancang utama dari BBC Micro, ia mengatakan bahwa hal itu penting untuk generasi sekarang yang tumbuh dengan teknologi serba guna untuk memahami perkembangan teknologi.

“Di tahun 1980-an kita melihat munculnya komputer dari sebuah ruangan yang dipenuhi oleh mesin dan dikendalikan oleh sejumlah orang memakai jas putih. Akhirnya komputer masuk ke dalam rumah-rumah dan sekolah-sekolah, sehingga dapat diakses oleh semua orang,ā€ jelasnya.

“BBC Micro tidak hanya memberi orang akses ke komputer, tetapi juga memberi mereka akses pada sejarah dari sesuatu yang telah hilang karena hadirnya teknologi yang sangat canggih saat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Hermann Hauser, co-founder dari Acorn Computers, menambahkan bahwa Proyek Literasi Komputer BBC membuat Inggris menjadi negara yang paling memahami literasi komputer pada saat itu dan berhasil menciptakan generasi para programer Inggris yang telah menjadi pemimpin di bidangnya.(hh)

Sumber