Bug Ini Buat Perangkat iOS Lumpuh!

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Sebuah bug telah ditemukan di aplikasi iOS Messages dapat melumpuhkan iPhone atau iPad hanya dengan sebuah titik hitam sederhana.

Yang diperlukan hanyalah seorang pengguna yang mengirimkan pesan berisikan emoji aneh berupa titik hitam, maka dalam sekejap perangkat iPhone akan lumpuh.

Sebenarnya bukan titik hitam itu yang dicurigai melumpuhkan iPhone. Namun, dibelakang titik hitam tersebut terdapat serangkaian ribuan karakter Unicode yang tak terlihat.

Jadi, setiap kali pengguna mencoba untuk membuka pesan, CPU ponsel akan dibanjiri ribuan karakter Unicode tersebut, sehingga menyebabkan aplikasi iMessage macet.

Menghentikan secara paksa aplikasi iMessage atau mematikan dan menyalakan ulang ponsel juga tidak akan membantu karena perangkat akan terus memuat teks jahat tersebut.

Karena bug itu memengaruhi perangkat lunak iOS Apple, maka tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada sejumlah perangkat Apple lainnya, termasuk iPhone, iPad, dan bahkan Apple Watch atau Apple TV.

Seorang YouTuber dengan nama ‘EverythingApplePro’ tampaknya telah menciptakan ‘bug teks’, yang berfungsi di iOS 10, 11.2, 11.3 dan versi beta 11.4.

Dalam video demonya, EverythingApplePro mendemonstrasikan bagaimana bug, yang ia sebut sebagai ‘lelucon’, bekerja secara real time.

Pengirim mengikuti serangkaian instruksi yang pada prosesnya mengirimkan dua pesan yang telah disiapkan sebelumnya, yang salah satunya berisi karakter unicode, dikirim ke pengguna ponsel lain.

Ketika seorang pengguna mencoba untuk membaca teks jahat tersebut, ponsel mereka akan lumpuh dan hanya menampilkan layar putih.

Hal tersebut disebabkan karena ponsel sedang mencoba memuat ratusan ribu karakter yang tidak dapat dilihat oleh penerima, sehingga menyebabkan CPU ponsel menjadi terbebani.

“Kerja CPU meningkat hingga mencapai 100%, sehingga ponsel akan menjadi sangat panas,” ujar EverythingApplePro di dalam video.

“Apabila pengguna tidak tahu apa yang sedang terjadi, maka ia pasti berpikir aplikasi iMessage telah rusak permanen,” imbuhnya.

YouTuber itu mengatakan bahwa Apple akan segera mengeluarkan perbaikan untuk bug tersebut secepatnya di iOS 11.4.(hh)

Sumber