Dukungan Pemerintah Mampu Jadikan Indonesia Penguasa Ekonomi digital di Asia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Setelah dilakukannya pembaharuan pada susunan menteri oleh Presiden Joko Widodo diharapkan dapat memberikan perbaikan di segala bidang. Terutama untuk membantu lebih mempercepat perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Dengan menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memperlihatkan dampak positif dengan adanya pembaharuan menteri tersebut. Seperti yang dilansir dari detikINET.

Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia beserta para pelaku usaha di bisang industri e-commerce mengharapkan pemerintah bisa memberikan dukungan yang lebih bagi pertumbuhan ekonomi digital melalui kebijakan-kebijakan yang konsisten dan komprehensif.

“Kebijakan yang mengatur soal pemilik usaha yang menggunakan platform e-commerce akan menentukan perkembangan industri, tetapi akan lebih baik lagi jika diikuti dengan perhatian yang sama untuk melakukan edukasi yang baik terhadap pasar,” papar Daniel, seperti yang dikutip dari detikINET.

“Pasar kelas menengah kita sangat besar tetapi berapa banyak dari pasar tersebut yang menggunakan internet untuk bertransaksi?” katanya.

Dari kabinet hasil pembaharuan ini, sejumlah jabatan menteri dipegang oleh orang-orang yang telah banyak memahami dan mempunyai pengetahuan yang baik mengenai industri e-commerce.

Dan itu akan menjadi sebuah kesempatan untuk menumbuhkan serta mengembangkan industri e-commerce menjadi lebih serius dengan adanya kebijakan yang sesuai dan mendukung dalam bentuk pengetahuan kepada pasar.

Selama ini kebijakan-kebijkan yang berhubungan dengan e-commerce disiapkan lebih kepada untuk mengatur para pengusaha e-commerce ataupun orang-orang yang menggunakan internet dalam melaksanakan transaksi jual beli.

Namun, hingga kini tidak ada kebijakan yang berhubungan dengan pemberian pengetahuan untuk masyarakat luas mengenai pemakaian internet untuk melakukan transaksi ataupun secara khusus untuk e-commerce. Karena apabila pasar belum siap dalam menggunakan teknologi internet, maka para pengusaha e-commerce tidak akan bisa maju, malah sebaliknya mereka akan berguguran.

“Dengan perhatian khusus dan menyeluruh dari kepala pemerintahan yang baru terhadap industri e-commerce, kami yakin ambisi Indonesia untuk menjadi pemimpin ekonomi digital di Asia dapat terwujud dengan lebih cepat,” tandas Daniel.