Apakah Anda Seorang Entrepreneur? Segera Daftar Di Gerakan 1000 Startup

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Pada hari Jumat (17/6/2016), Gerakan 1000 Startup telah resmi dicanangkan. Startup Kibar Kreasi merupakan insiator dari Gerakan 1000 Startup yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tujuannya ada untuk menghasilkan 1000 perusahaan startup digital lima tahun mendatang.

“Presiden punya visi Indonesia menjadi bangsa pemegang ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” kata Yansen Kamto selaku CEO Kibar pada acara peluncuran Gerakan 1.000 Startup Digital yang bertempat di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Yansen menerangkan dari visi tersebut diharapkan secara konkrit misinya nanti mampu menghadirkan 1000 Startup sampai dengan 2020 mendatang. “Valuasi bisnisnya (startup) bisa mencapai 10 miliar dollar AS hingga 2020 mendatang,” ujar Yansen.

Mulai hari ini Minggu 24 Juli 2016 pendaftaran bagi peserta yang ingin mengikuti program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sudah mulai dibuka. Melalui situs resmi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di reg.1000startupdigital.id, para peserta dapat mendaftarkan diri.

Bagi para anak muda yang memiliki keahlian dari desain, komunikasi, bisnis, ekonomi, teknik dan lain-lain dapat mengikuti program ini. Tidak hanya mereka yang mempunyai keahlian di bidang pemograman aplikasi saja.

“Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital menantang anak-anak muda yang punya semangat kewirausahaan yang tinggi, punya niat yang tulus, pola pikir yang benar, serta kemauan yang besar untuk berkomitmen mengikuti setiap tahapan program dari gerakan ini dari awal sampai akhir,” jelas Mentor Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Dr. Hargo Utomo, M.B.A seperti yang dikutip dari KompasTekno, Minggu (24/7/2016).

Peserta diwajibkan untuk membuat video yang durasinya maksimal dua menit, dalam video tersebut peserta menjelaskan permasalahan besar yang hendak dituntaskan, berikut ide serta solusi yang bakal diterapkan dengan menggunakan teknologi digital. Setelah itu video diunggah ke YouTube dengan mencantumkan hashtag #1000startupdigital.

Kota pertama yang akan memulai acara Ignition pada tanggal 30 Juli nanti adalah Jakarta, yang akan diselenggarakan di Universitas Trisakti. Dilanjutkan di kota Surabaya yang bakal diadakan pada 6 Agustus 2016, menyusul di Yogyakarta tanggal 12 Agustus di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM.

Menkominfo Rudiantara menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para stakeholder yang telah mendukung gerakan 1000 startup ini. . “Yang bisa saya janjikan adalah saya akan mencoba melayani semuanya,” ujar Menkominfo.