Facebook Ciptakan Unit Baru Untuk Waktu Disebut Flick

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Seorang pengembang di Facebook telah menciptakan unit baru untuk waktu yang disebut dengan Flick. Flick telah di desain untuk membantu para pengembang mempertahankan sinkronisasi efek video. Hal ini dijelaskan di situs berbagai kode GitHub.

Flick yang berasal dari “frame-tick”, 1/705.600.000 detik, unit waktu berikutnya setelah nanosecond. Seorang peneliti dari Universitas Oxford mengatakan bahwa flick tidak akan menimbulkan dampak yang besar, tetapi kemungkinan akan membantu membuat pengalaman di dunia realitas maya (virtual reality) lebih baik.

Flick telah didefinisikan dalam bahasa pemrograman C ++, yang digunakan untuk menghasilkan efek visual untuk film, televisi serta media lainnya. Flicks juga memberikan para programmer cara untuk mengukur waktu antara frame media tanpa menggunakan pecahan.

Menurut Matt Hammond, Kepala Penelitian di BBC Research & Development, hal tersebut akan mengurangi tingkat kesalahan seperti grafik yan tersendat – sendat.
“Apabila angka yang digunakan bukan bilangan bulat, kesalahan secara bertahap dapat masuk dalam sebuah perhitungan komputer. Kesalahan ini dapat berkembang dari waktu ke waktu, yang akhirnya dapat menyebabkan ketidakakuratan yang akhirnya menjadi nyata,” jelasnya.

Sementara itu, pencipta Flick, Christopher Horvath, secara terbuka telah membagikan idenya di Facebook pada awal 2017, menurut penjelasan yang ada di GitHub. Dia telah melakukan modifikasi pada pengukuran baru berdasarkan umpan balik dari komentar – komentar yang dia terima.

Seorang peneliti dari Universitas Oxford, yang meminta untuk tidak dipublikasi indentitasnya, mengatakan bahwa Flick dapat membantu para pengembang virtual reality mengatasi masalah latensi, atau penundaan.

“Biasanya sangat sering dalam literatur akademis, kita memiliki gagasan tentang kehadiran dan keterlibatan,” katanya kepada BBC.

“Keterlibatan adalah sesuatu yang kita rasakan dalam sebuah permainan komputer. Sementara kehadiran adalah gagasan yang dirasakan oleh otak kita, bahwa kita sedang berada di suatu tempat,” lanjutnya.

“Kehadiran sangat mudah untuk dirusak. Saya kira mungkin ada cara yang tepat untuk menggambarkan langkah-langkah waktu ini, sehingga memungkinkan para pengembang memiliki sedikit fleksibilitas dalam menangani masalah latensi dan memastikan video tetap sinkron,” imbuhnya.

Flick bukanlah unit waktu pertama yang telah di desain oleh perusahaan besar. Sebelumnya Swatch telah memperkenalkan Waktu Internet (Internet Time) pada tahun 1998, yang membagi hari menjadi 1.000 “.beats”.

Hasil pengukuran tersebut sama dengan satu menit dan 26,4 detik yang dirancang untuk menghilangkan kebutuhan akan adanya zona waktu. Tetap ini tidak membuatnya dikenal secara global.(hh)

Sumber