Facebook Luncurkan Tombol ‘Downvote’!

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Beberapa bulan yang lalu telah diberitakan adanya rencana menghadirkan tombol ‘Downvote’ di Facebook. Raksasa jejaring sosial itu tengah mengerjakan sebuah fitur baru yang akan memungkinkan penggunanya untuk tidak menyukai sebuah postingan di Facebook.

Menurut TechRadar, Facebook akan melakukan uji coba tombol ‘Downvote’ baru tersebut dengan sekelompok kecil pengguna untuk mendapatkan masukan dan saran. Dengan mengklik tombol downvote akan memberikan pengguna pilihan untuk menandai posting yang sifatnya “menyinggung”, “menyesatkan”, atau “diluar topik”.

Bahkan menurut laporan terbaru dari TheNextWeb mengklaim bahwa Facebook ingin pengguna menggunakan tombol ‘Downvote’ untuk menandai ‘komentar yang buruk’. Jadi, jika ada pengguna yang menemukan komentar yang terlihat ‘berniat buruk atau tidak sopan’, cukup klik tombol downvote.

Facebook berusaha sangat keras agar tombol baru ini tidak muncul sebagai tombol ‘tidak suka’. Bahkan juru bicara Facebook mengatakan bahwa pihak Facebook tidak menguji tombol tidak suka. Mereka hanya sedang menjelajahi fitur bagi orang-orang untuk memberikan Facebook tanggapan atau masukan mengenai komentar di posting halaman yang dapat diakses oleh publik.

Pengguna Facebook nantinya benar-benar dapat membandingkan fitur tersebut dengan situs agregasi berita dan Reddit, di mana pengguna dapat memberikan suara pada cerita dan komentar melalui tombol upvote dan downvote.

Saat ini pengguna Facebook dari Australia dan Selandia Baru yang hanya memiliki akses ke tombol downvote tersebut. Salah satu juru bicara Facebook mengatakan bahwa orang telah menyampaikan kepada kami bahwa mereka ingin melihat diskusi publik yang lebih baik di Facebook, dan ingin ada ruang di mana orang-orang dengan memberikan pendapat yang berbeda berupa sebuah dialog yang lebih konstruktif.

“Untuk itulah, kami telah menjalankan sebuah uji coba kecil di Selandia Baru, sehingga memungkinkan pengguna untuk memberi komentar postingan di halaman publik. Harapan kami adalah fitur ini akan mempermudah kami untuk membuat ruang-ruang tersebut, dengan memberi peringkat pada komentar yang layak untuk mendapat peringkat tertinggi, daripada komentar yang sekedar mendapatkan reaksi emosional saja, ” ujar juru bicara Facebook.(hh)

Sumber