Aplikasi Google Drive Akan Dihentikan 12 Mei 2018, Ini Cara Migrasi ke Backup &

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Aplikasi Google Drive Akan Dihentikan 12 Mei 2018, Ini Cara Migrasi ke Backup &

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 3 months, 1 week ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #23040

    Admin
    Keymaster

    Per tanggal 12 Mei 2018, Google Drive versi desktop layanannya akan dihentikan. Google telah mengumumkan hal ini sejak tahun lalu. Berikut ini hal – hal yang perlu kita lakukan apabila kita menggunakan layanan layanan penyimpanan cloud milik Google tersebut.

    Apa yang terjadi dengan Google Drive?

    Layanan Google Drive sendiri tidak berubah, dan tentu saja tidak dihentikan. Sebagai gantinya, Google akan mengganti perangkat lunak Google Drive untuk Windows dan macOS dengan aplikasi baru yang bernama Backup & Sync.

    Dan pada kenyataannya, tidak bakal banyak yang berubah, hanya namanya saja menjadi Backup & Sync. Namun, ia masih memiliki fitur yang sama seperti Google Drive dan bekerjanya pun dengan cara yang sama.

    Jadi ini adalah aplikasi yang sesuai bagi pengguna rumahan, terlepas dari apakah penguna tersebut menggunakan akun Google Drive gratis dengan kapasitas penyimpanan 15GB atau yang berbayar apabila membutuhkan tempat penyimpanan ekstra lebih dari 15GB.

    Jadi apa yang harus dilakukan?

    Google menginformasikan bahwa aplikasi Google Drive yang lama akan berhenti bekerja pada tanggal 12 Mei 2018, jadi jika para penggunanya ingin file tetap disinkronkan, maka mereka harus memasang aplikasi Backup & Sync yang baru di komputer mereka.

    Pengguna akan melihat sebuah pemberitahuan muncul ketika komputer dinyalakan. Ini akan muncul secara otomatis apabila Google Drive masih aktif ketika Window atau MacOS dinyalakan dan belum dinonaktifkan.

    Selain itu pengguna juga dapat mengunduh Backup & Sync dari situs web Google. Kemudian memasangnya sesederhana bagaimana mereka memasang aplikasi Google Drive sebelumnya.

    Bagaimana jika pengguna menggunakan Google Drive melalui akun bisnis?

    Bagi para pengguna yang menggunakan Google Apps untuk bekerja, maka akan diminta untuk mengunduh Drive File Steam, yang memang telah dirancang untuk keperluan pengguna bisnis. Aplikasi ini sedikit berbeda dengan Backup & Sync karena nantinya akan terlihat seperti hard drive dan bukan sekedar folder file biasa.

    Selain itu, pengguna dapat mengstream file dari Google Drive, itulah kenapau namanya “Steam”, yang artinya nantivideo dan file besar lainnya tidak perlu menggunakan ruang penyimpanan di hard drive computer atau laptop lagi.

    Fitur tambahan lainnya adalah kemampuan untuk melihat Team Drives, namun pengguna tidak dapat menyinkronkan folder lain seperti ‘My Documents’ dan Desktop.

    Jadi jika para pengguna masihmenggunakan Google Apps, mereka juga masih bisa menggunakan Backup & Sync asalkan memang kebutuhannya tidak memerlukan fitur tambahan seperti Drive File Stream.

    Berikut ini adalah table dari fitur – fitur dari Driver File Stram dan Backup & Sync

    Fitur Drive File Stream Backup and Sync
    Akses file di My Drive Yes Yes
    Askes file di Team Drives Yes No
    Streaming file ketika dibutuhkan Yes No
    Sinkronisasi folder tertentu saja di My Drive Yes Yes
    Hanya sinkronisais file secara individu files Yes No
    Dapat menggunakan aplikasi seperti MS Word & Photoshop Yes Yes
    Sinkronisasi folder lain, seperti Documents atau Desktop No Yes
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.