Cara Melihat dan Menghapus Sejarah Panggilan dan SMS di Facebook

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Melihat dan Menghapus Sejarah Panggilan dan SMS di Facebook

Tagged: ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 5 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #23210

    Admin
    Keymaster

    Kita semua sudah mengetahui berapa banyak izin yang telah diberikan kepada Facebook oleh penggunanya menyangkut data pribadi. Secara otomatis Facebook mengetahui segalanya tentang penggunanya, dan bukan hanya itu aplikasi Facebook Messenger di ponsel juga membaca segala sesuatu tentang penggunanya.

    Apabila anda memasang aplikasi Messenger di ponsel, maka itu artinya anda telah memberikan akses kepada Facebook untuk semua kontak telepon Anda. Facebook kemudian akan mendpatkan akses ke semua panggilan telepon yang telah dibuat dan SMS yang pernah dikirim oleh Anda, dan menyimpan semuanya dalam sebuat file log. Oleh karena itu, mari pelajari bagaimana cara melihat dan menghapus riwayat Panggilan dan SMS dari Facebook itu untuk selamanya.

    Dalam tulisan ini, pembahasan akan difokuskan pada aplikasi Messenger. Aplikasi ini adalah aplikasi pesan instan. Ketika anda memasang aplikasi ini, ada dua hal spesifik yang ditanyakan.

    Pertama, anda perlu memberikan izin kepada aplikasi untuk dapat membaca semua kontak dan menyelaraskannya secara online. Jadi jelas pada tahap ini aplikasi menyatakan bahwa semua panggilan telepon dan Sejarah SMS akan diunggah ke server Facebook.

    Untuk hal yang kedua adalah aplikasi ini akan meminta anda menjadikannya aplikasi default untuk pengiriman pesan yang artinya anda telah memberikannya akses lengkap ke semua sejarah SMS di ponsel anda.

    Berikut adalah screenshot dari cuitannya Dylan McKay di Twitter, ia menemukan detailnya pada Arsip Facebook-nya.

    Untuk mengetahui apakah ini hal tersebut benar, maka anda dapat ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    Buka Aplikasi Messenger, dan ketuk Profil yang ada di sisi kanan atas.
    Gulir untuk menemukan menu orang (people).
    Di sini Anda dapat melihat dua hal penting.
    Sinkronkan Kontak
    Panggilan Terus Menerus dan Pencocokan SMS.

    Apabila ini dihidupkan, maka Facebook akan melakukan sinkronisasi terhadap panggilan telepon dan SMS termasuk juga nama, waktu, dan durasi setiap panggilan. Apabila itu semua dimatikan, maka Facebook tidak melakukan sinkronisasi dan ini artinya tidak ada sejarah panggilan telepon dan SMS yang disimpan di server Facebook.

    Hal ini juga telah dijelaskan oleh Facebook bahwa pengumpulan data dapat dimatikan melalui pengaturan pengguna, dan semua riwayat panggilan telepon dan SMS yang dikumpulkan sebelumnya akan dihapus.

    Menghentikan Facebook mengumpulkan riwayat Panggilan telepon dan SMS

    Untuk menghapus semua panggilan telepon sebelumnya dan pesan yang telah disinkronkan ke server Facebook, matikan kedua pengaturannya. Proses ini akan menghapus panggilan yang dikumpulkan sebelumnya termasuk riwayat SMS yang dibagikan di aplikasi.


    Ketuk opsi kedua – Panggilan berkelanjutan dan pencocokan SMS (Continuous call and SMS matching). Akan muncul peringatan “Jika anda mematikan pengunggahan riwayat panggilan telepon dan SMS, maka anda tidak akan lagi melihat nama dan foto dari kontak anda”.

    Walaupun Facebook menggunakannya untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang nyaman, tetap saja itu mengambil semua data pengguna dan menyimpannya di server mereka. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat diterima. Seharusnya ada pemberitahuan yang jelas kepada para penggunanya sebelum mereka melakukannya.

    Pastikan untuk tidak mengaktifkan opsi ini ketika harus memasang ulang aplikasi atau bahkan ketika diminta oleh aplikasi Messenger, karena pasti mereka akan menanyakannya. Selain itu, pastikan untuk mengunduh data anda setelah beberapa waktu untuk memastikan apakah semuanya sudah benar – benar di hapus.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.