Cara Melindungi Diri dari Kejahatan Cyber

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Melindungi Diri dari Kejahatan Cyber

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 2 months, 2 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #23541

    Admin
    Keymaster

    Mungkin ada yang ingat pepatah lama “Pencegahan lebih baik daripada mengobati?” Nah, relevansi pepatah itu masih tepat baik di dunia nyata ataupun di dunia maya di mana saat ini kita perlu melindungi diri dari aktivitas kriminal yang saat ini banyak terjadi di internet. Berikut beberapa langkah yang perlu kita lakukan ambil agar terlindungi dari kejahatan siber:

    Jangan terpikat oleh penawaran online yang menawarkan keuntungan

    Pengguna internet sering menemukan tawaran yang menjanjikan akan memberikan keuntungan besar dengan memberikan informasi data pribadi. Biasanya hadir dalam bentuk opsi investasi rahasia yang dapat mengembalikan jumlah besar di masa depan atau kontes yang menyatakan kita menjadi pemenang sebuah skema lotere, bahkan ada juga pilihan untuk mengunduh perangkat lunak gratis. Jangan pernah langsung percaya dengan hal-hal seperti itu karena bisa saja semua itu berupa jebakan. Pastikan untuk memeriksa informasi yang kita terima dari internet.

    Gunakan Antivirus terbaik yang tersedia

    Keamanan online paling baik disediakan oleh perangkat lunak seperti antivirus. Sejumlah aplikasi anti virus menyediakan beberapa sarana perlindungan seperti firewall yang dapat mencegah lalu lintas yang tidak diinginkan untuk memasukkan perangkat secara otomatis pada konfigurasi yang tepat. Perangkat lunak antivirus yang dirancang dengan baik juga dapat menghentikan virus dan malware yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat komputer. Namun, perlu dilakukan pembaruan reguler agar antivirus berfungsi dengan baik.

    Hindari menyimpan detail informasi kartu kredit di sebuah situs

    Banyak netizen memiliki kebiasaan menyimpan kata sandi, informasi pribadi, nomor kartu kredit, dan kode rahasia mereka di situs tertentu hanya untuk menghemat waktu proses masuk ketika kembali ke situs tersebut.
    Terkadang mereka melakukannya hanya karena mereka tidak dapat mengingat informasi tersebut setiap waktu. Namun, ini bukanlah cara yang baik karena para penjahat siber dapat selalu mencari celah, sehingga mereka dapat menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengambil informasi tersebut. Oleh karena itu, lebih baik menyimpan informasi penting di tempat lain.

    Ubah kata sandi secara rutin untuk email dan juga situs jejaring sosial

    Seringkali netizen menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun email dan untuk situs jejaring sosial. Padahal mengubah kata sandi secara rutin akan sangat membantu melindungi netizen dari kejahatan siber, karena para penjahat siber cenderung mencari cara yang berbeda untuk meretasnya agar dapat mengambil informasi penting seseorang. Selain itu, disarankan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk email yang satu dan email lainnya karena jika itu terpapar, semua akun email akan dapat dikontrol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

    Hindari transaksi keuangan dengan menggunakan WiFi publik

    Internet hotspot di tempat umum adalah area utama bagi seorang peretas memantau korbannya. Oleh karena itu jangan melakukan transaksi keuangan apa pun dengan menggunakan WiFi publik. Peretas biasanya akan mengambil informasi seperti rekening bank dan mereka juga dapat menyamarkan aktivitas penggunanya untuk mendapatkan uang yang besar. Jadi, cobalah untuk tidak menggunakan kartu kredit atau debit di layanan WiFi.

    Configure your PC properly

    Ketika kita membeli perangkat komputer baru, pastikan untuk mengklik tombol kanan sehingga privasi dapat dilindungi. Terkadang ketika memasang sistem operasi, kita lupa untuk memperbarui perangkat lunak secara berkala. Ini salah satu penyebab munculnya virus yang tidak diinginkan di komputer tanpa sepengetahuan penggunanya. Konfigurasikan browser dengan benar sehingga pencegahan dapat dilakukan. Pilih untuk selalu mengunduh pembaruan dan patches.

    Pilih situs yang menggunakan verifikasi ganda

    Situs web seperti Google dan lainnya, telah melakukan verifikasi dua langkah untuk para penggunanya ketika mereka memuat akun. Selain memasukkan perincian data pribadi termasuk kata sandi, pengguna juga akan menerima kode rahasia di ponsel melalui SMS. Mereka perlu menyelesaikan pendaftaran mereka hanya setelah memasukkan kode tersebut kita mengunjungi situs.

    Jadi ketika seorang peretas berhasil mencuri kata sandi pengguna, tidak mungkin mereka mendapatkan kode SMS. Kode ini juga dikenal sebagai OTP atau kata sandi yang digunakan hanya satu kali dan sering digunakan untuk memastikan amannya sebuah transaksi kartu kredit melalui internet. Metode ini selalu membuat pengguna aman dan membantu pengguna untuk menyimpan data pribadi dari akses yang tidak sah.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.