Cara Melindungi Flashdisk Dengan Password

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Melindungi Flashdisk Dengan Password

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 3 weeks, 2 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22299

    Admin
    Keymaster

    Di era komputerisasi saat ini, semuanya berdasarkan adanya perubahan data yang dapat difungsikan pada perangkat tempat penyimpanan yang kecil seperti kartu memori, flashdisk, harddisk dan lain – lain. Terkadang media penyimpanan digunakan untuk menyimpan data – data penting dan rahasia, yang sewaktu – waktu perlu kita perlihatkan kepada orang – orang tertentu. Oleh karena itu kita perlu melindungi media penyimpanan tersebut agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

    Opsi terbaik untuk melindungi media penyimpanan seperti flashdisk adalah dengan menggunakan password. Untuk itu kami telah merangkum beberapa langkah dari internet yang dapat digunakan untuk melindungi Flashdisk dengan password.

    1. Melindungi Flashdisk dengan Password Menggunakan BitLock

    Langkah 1. Pertama kita perlu memasang Flashdisk pada komputer. Kemudian klik kanan drive yang digunakan oleh Flashdisk dan aktifkan BitLocker.

    Langkah 2. Sekarang klik “Use Password” untuk melindungi Flashdisk. Masukan password yang dikehendaki pada kedua tempat yang telah disediakan.

    Langkah 3. Selanjutnya klik “Next” dan “Next” lagi, kemudian cetak atau simpan kode untuk panduan kedepannya nanti.

    Langkah 4. Selanjutanya proses enkripsi mulai berjalan dan Flashdisk akan diamankan dengan password yang telah kita buat tadi.

    2. Cara Melindungi Flashdisk dengan Password Menggunakan WonderShare

    Langkah 1. Pertama kita perlu mengunduh dan memasang Wondershare melalui link berikut ini.

    Langkah 2. Setelah aplikasi terpasang, jalankan dan pasang Flashdisk pada komputer. Kemudian pilih drive yang digunakan oleh Flashdisk pada program dan pilih jumlah kapasitas yang ingin diamankan pada Flashdisk. Setelah itu klik tombol “Install”.

    Langkah 3. Masukkan nama username dan password yang ingin digunakan pada Flashdisk.

    Setelah semua langkah dilakukan, maka Flashdisk akan terlindungi dengan username dan password.

    3. Cara melindungi Flashdisk dengan password menggunakan DiskCrytor

    DiskCryptor adalah solusi enkripsi terbuka yang menyediakan enkripsi untuk partisi hard disk termasuk partisi sistem. Oleh karena konsep open source yang digunakan, maka tentunya jauh berbeda situasinya. Dimana sebagian besar perangkat lunak dengan fungsionalitas benar-benar eksklusif, yang membuatnya tidak dapat diterima untuk digunakan melindungi data rahasia.

    Langkah 1. Setelah DiskCryptor terpasang, jalankan aplikasi dan klik drive dimana Flashdisk terpasang dari antar muka aplikasi, kemudian kita perlu mengklik tombol “Encrypt”

    Langkah 2. Sebuah jendela akan terbuka dan meminta kita untuk memilih proses enkripsi. Cukup biarkan saja, tidak perlu dilakukan perubahan, selanjutnya klik “Next”.

    Langkah 3. Pada jendela selanjutnya, kita perlu memasukkan dan mengkonfirmasi password. Pastikan password yang digunakan kuat dan klik OK untuk memulai proses enkripsi.

    Step 4. After the encryption process completes, click on the USB drive and then click on “Mount”
    Langkah 4. Setelah proses enkripsi selesai, klik Flashdisk dan klik pada “Mount”

    Sekarang setiap pengguna yang akan menggunakan Flashdisk perlu memasukan password untuk bisa melihat isi dari Flashdisk.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.