Cara Mematikan Tanda Telah Dibaca Pada Aplikasi Pesan Instan

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Mematikan Tanda Telah Dibaca Pada Aplikasi Pesan Instan

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 4 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #23400

    Admin
    Keymaster

    Saat ini jutaan netizen mengirimkan pesan setiap hari dalam bentuk teks, gambar, video, dan catatan audio melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, iMessage dan lain-lain. Ketika netizen berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan instan, tentunya mereka juga ingin mengetahui apakah pesan yang mereka kirimkan telah dibaca atau tidak.

    Tentunya ini dapat dilakukan pada setiap aplikasi pesan instan. Namun terkadang, ada hal-hal dapat membuat pengguna aplikasi pesan merasa terganggu jika tanda telah dibaca di aplikasi tertentu diaktifkan. Ini tentunya akan memperlihatkan bahwa begitu pengguna aplikasi pesan instan telah membaca pesan dari pengirim, maka si pengirim akan mengetahui hal tersebut dan dapat mengirimkan balasan yang mungkin mengganggu.

    Jadi, untuk mencegah hal tersebut, aplikasi pesan instan telah memberikan fitur yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk mematikan fitur tanda telah dibaca. Untuk itu kami telah merangkum cara bagaimana pengguna aplikasi pesan instan dapat melakukannya di hampir semua situs web ataupun aplikasi jejaring sosial.

    Facebook Messenger

    Untuk dapat menonaktifkan fitur tanda telah dibaca di Facebook Messenger agak sedikit rumit. Aplikasi ini sebenarnya tidak benar-benar memiliki cara yang tepat yang dapat digunakan untuk mematikan fitur tanda telah dibaca. Namun, ada trik yang dapat digunakan untuk membaca pesan tanpa memberi tahu pengirimnya kita telah membacanya.

    Yang perlu kita lakukan adalah mengaktifkan ‘Mode pesawat’ di ponsel pintar, kemudian buka aplikasi untuk membaca teks. Setelah dibaca, tutup aplikasi dengan menggeseknya dari bagian multi-jendela, sehingga aplikasi dimatikan sepenuhnya. Selanjutnya kita dapat menonaktifkan mode Pesawat dan pengirim tidak akan mengetahui karena aplikasi tidak akan disinkronkan sampai kita membukanya aplikasinya lagi.

    WhatsApp

    Pada aplikasi WhatsApp untuk menonaktifkan fitur tanda telah dibaca cukup mudah. Kita hanya perlu membuka aplikasi, selanjutnya buka halaman Pengaturan, buka akun, privasi, dan ketuk Non-aktifkan Tanda Terima. Namun, dengan menonaktifkan fitur ini, maka kita juga tidak dapat melihat apakah orang lain telah membaca pesan atau tidak.

    Apple iMessage

    Pada Apple iMessage, kita cukup membuka aplikasi Pengaturan utama dan mengetuk Pesan dan selanjutnya mematikan opsi tanda terima telah dibaca. Hanya saja kita tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini untuk setiap obrolan pesan tetapi sekaligus.

    Instagram

    Apabila kita ingin mematikan tanda telah dibaca di Instagram, sebenarnya tidak mungkin dilakukan. Namun, sama halnya seperti Facebook Messenger kita dapat mengelabuinya dengan mengaktifkan Mode Pesawat dan melihat pesan, kemudian menutupnya secara sepenuhnya dari bagian multi-jendela dan mematikan Mode Pesawat.

    Twitter

    Ternyata kita dapat melakukannya juga di Twitter, fitur ini dapat dimatikan untuk Pesan Langsung. Caranya kita perlu membuka aplikasi, ketuk pada gambar profil untuk membuka pengaturan akun, di bawah pengaturan tap pada Privasi diikuti oleh Pesan Langsung dan Nonaktifkan Tanda Terima Terima DiBaca.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.