Cara Membersihkan File Yang Tidak Diperlukan Pada Windows 10

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Membersihkan File Yang Tidak Diperlukan Pada Windows 10

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 1 month ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21877

    Admin
    Keymaster

    File – file yang tidak diperlukan selalu ada di setiap sistem baik itu pada Windows atau platform lain. Umumnya pengguna akan merasakan kinerja komputer menjadi lambat, karena banyaknya file – file yang tidak diperlukan di tempat penyimpanan.

    Biasanya para pengguna Windows menyadari hal ini, oleh karena itu mereka selalu menghapus file – file itu dari sistem mereka. Tentunya ini merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan, karena harus mencari lokasi dimana file – file itu berada, lalu setelah itu menghapusnya. Pengguna dapat melakukannya setiap hari, tetapi tugas ini banyak menyita waktu bagi pengguna yang sangat sibuk.

    Proses tersebut akan lebih mudah apabila dapat dilakukan secara otomatis. Nah, pada Windows 10, kita dapat menghapus file – file yang tidak diperlukan secara otomatis. Berikut cara untuk mengaktifkan proses penghapusan file yang tidak diperlukan pada Windows secara otomatis.

    1. Cara ini berdasarkan pada sistem ‘Storage Sense’ yang sudah ada pada Windows 10. Fitur ini tidak dapat diaktifkan pada Windows, jadi kita yang harus mengaktifkannya. Klik icon Windows pada dekstop di Windows 10, kemudian klik pada icon kecil berbentuk gerigi untuk ‘Setting’. Ini akan memunculkan sejumlah pilihan. Dari pilihan yang muncul pilihlah ‘System Tab’.

    2. Setelah ‘System Tab’ terbuka akan muncul beberapa pilihan kembali. Kali ini kita pilih ‘Storage’ yang berada disebelah kiri bagian kategori. Pastikan untuk selalu ingat untuk mengklik pilihan ini. Setelah di klik, maka kita akan sampai di tampilan layar, dimana kita dapat mengaktifkan ‘Storage Sense’.

    3. Pilih ‘Storage Sense’ untuk mengaktifkan fungsinya. Setelah kita lakukan itu, maka akan tampil segala jenis preferensi yang bisa sesuaikan. Misalnya kita bisa menentukan file yang tidak diperlukan apa saja yang perlu dihapus dan bagaimana cara penghapusannya, apakah sementara atau permanen?

    4. Apabila kita pilih sementara (temporary), maka kita dapat menghapusnya di ‘Recycle bin’. Bisa juga kita set, apabila ada file di Recycle bin lebih dari 30 hari, maka Storage sense akan otomatis menghapusnya.

    Setelah membaca cara – cara yang telah diuraikan diatas, kini kita mengetahui bagaimana menghapus file yang tidak diperlukan secara otomatis di Windows 10. Jadi, kita tidak perlu mengeluarkan tenaga atau ekstra waktu untuk menghapus file – file yang tidak diperluakan di Windows 10.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.