Cara Membuat Backup Komputer Yang Benar

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Membuat Backup Komputer Yang Benar

Tagged: , ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 2 months, 2 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21565

    Admin
    Keymaster

    Anda membaca artikel ini, bisa jadi karena anda tidak pernah memback-up komputer anda secara teratur. Kenapa sih harus dibackup? Lagipula laptop yang dicuri atau hard disk rusak biasanya menimpa orang lain. Jadi file anda aman – aman aja kan?

    Tetapi sebuah kecelakaan bisa saja terjadi, dan apabila memang terjadi, anda pasti ingin siap menghadapinya. Itu artinya membuat backup dari komputer anda secara teratur. Pastinya anda tidak mau kehilangan tesis yang sedang dibuat akibat laptop hilang dicuri orang di perpustakaan atau seluruh foto keluarga hilang karena rumah kebanjiran dan komputer terendam air.

    Untungnya membackup komputer saat ini sudah jauh lebih mudah dengan adanya penyimpanan awan dan aplikasi yang sudah terintegrasi di komputer. Memang tidak ada sistem backup yang sempurna, paling tidak anda telah memperkecil resiko kehilangan data – data anda.

    Backup Lokal

    Baik anda pengguna MAC atau PC, kedua sistem operasi itu biasanya telah menyediakan sistem backup yang sudah terintegrasi didalamnya.

    Tetapi, pertama kali yang perlu anda lakukan adalah memastikan anda telah memiliki external hard disk. Umumnya untuk membackup sebuah komputer, kita menggunakan eksternal hard disk yang kapasitasnya hampir sama dengan hard disk yang digunakan oleh komputer. Harganya yang mesti bayarkan untuk eksternal hard disk sekitar 800,000 rupiah, tapi harga data – data yang kita miliki tentunya tak ternilai.

    Aplikasi Time Machine di Mac OS X

    Apabila anda pengguna Mac, maka biasanya telah tersedia aplikasi backup bernama Time Machine. Bahkan anda mungkin bisa melihat icon dari aplikasi itu diatas menu bar. Cukup ambil eksternal hard disk, pasangkan ke komputer, kemudian jalankan aplikasi Time Machine untuk melakukan penyetelan sebagai drive backup.
    Selanjutnya Time Machine akan mengolah segala sesuatunya sendiri, membackup file – file, folder – folder dan aplikasi. Apabila nantinya anda memiliki komputer baru atau perlu memasang ulang sistem operasi, maka OS X akan menampilkan Time Machine untuk mengembalikan semua file – file.

    Pastikan memasang eksternal hard disk secara teratur untuk melakukan backup,. Walaupun backupnya sudah berusia lebih dari tiga tahun, tetap saja itu masih lebih baik ketimbang tidak ada sama sekali ketika kita mendadak memerlukannya.

    File History / Backup dan Restore di Windows 10

    Pada Windows 10, Microsoft telah mengintegrasikan sistem backup. Cara kerjanya hampir sama dengan Mac. Pasang eksternal hard disk, cari File History (anda bisa mencarinya di Start Menu) atau di setting app pada bagian Backup.

    Disana anda bisa memilih folder tertentu untuk dibackup dan berapa sering anda ingin Windows membackupnya. Sama seperti di Mac, anda perlu memasang eksternal hard disk untuk dapat membangkupnya.

    Penyimpanan Awan

    Backup secara lokal memang bagus, tapi sama halnya dengan hard disk di komputer atau laptop, bisa saja sewaktu –waktu eksternal hard disknya rusak, hilang atau dicuri orang. Jadi mungkin ada baiknya anda juga mencoba penyimpanan awan sebagai pilihan untuk membackup data anda, sekedar untuk berjaga – jaga.

    Bisa juga diterapkan untuk file – file tertentu, misalnya saja salinan dari presentasi atau laporan laboratorium yang jatuh tempo minggu depan. Cara paling sederhanan untuk membackup ke penyimpanan awan adalah dengan menggunakan layanan seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive atau iCloud.

    Semua layanan itu, mengijinkan anda untuk memasang aplikasi di komputer untuk memindai folder di lokal komputer/laptop dan menjaga semuanya dengan mengunggah file dan folder ke tempat penyimpanan awan. Dengan demikian, apabila ada masalah dengan komputer, anda masih bisa mengakses file dan folder tersebut dari mana saja.

    Tetapi bagi yang membutuhkan keamanan tambahan, bisa mendapatkannya dengan berlangganan untuk layanan seperti Backblaze seharga 50 dolar Amerika per tahun (5 dolar Amerika per bulan) untuk tempat penyimpanan tanpa batas secara online. Memang tidak terlalu serba guna seperti Dropbox, tapi jika anda hanya perlua mengunduh beberapa file dari tempat penyimpanan awan, maka sudah cukup.

    Sumber

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.