Cara Memeriksa Temperatur CPU Pada Windows 10

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Memeriksa Temperatur CPU Pada Windows 10

Tagged: 

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 2 weeks, 3 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21543

    Admin
    Keymaster

    Kebanyakan dari kita mungkin lebih fokus terhadap software ketimbang bagaimana agar perangkat yang kita gunakan dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Apalagi bila menyangkut komputer yang telah banyak digunakan saat ini. Berbicara mengenai komputer, CPU merupakan komponen terpenting dari perangkat keras yang melakukan pemrosesan terhadap data.

    Masalah yang sering timbul dengan CPU ialah ia selalu membuat suhu meningkat dan ini akan berbahaya apabila digunakan untuk waktu yang lama, karena suhu yang dihasilkan dapat melebih batas yang telah ditentukan. Tentunya ini akan menimbulkan kegagalan pada perangkat keras komputer.

    Untuk ada baiknya kita mengontrol suhu pada CPU secara langsung, sehingga dapat mencegah suhu meningkat melebihi batas yang telah ditentukan. Serta mencegah CPU terbakar akibar suhu yang terlalu tinggi.

    Caranya cukup mudah dan sederhana, kita akan membutuhkan sebuah aplikasi sederhana untuk memantau temperatur CPU pada Windows 10. Berikut langkah – langkah yang perlu kita lakukan:

    1. Sebelumnya kita perlua mengetahui tingkat temperature yang tidak akan membuat CPU kepanasan atau menimbulkan kerusakan. Umumnya temperature yang baik pada laptop adalah dar 30 derajat sama dengan 65 derajat Celcius. Dimana suhu diatas temperatur tersebut akan menimbulkan kerusakan atau kebakararan. Bukan artinya terbakar sampai menimbulkan api, tapi maksudnya kerusakan pada hard disk, motherboard dan lain – lain. Hampir sama dengan PC, hanya saja PC biasanya lebih tahan pada suhu tinggi.

    2. Aplikasi yang kita akan gunakan untuk keperluan ini namanya Open Hardware Monitor. Dengan aplikasi ini para pengguna Windows bisa dengan cepat dan langsung mendapat informasi mengenai suhu temperatur dari CPU dan komponen lainnya yang berhubungan dengan CPU pada laptop atau komputer.

    3. Aplikasi ini akan memperlihatkan suhu temperature ini dari perangkat yang kita gunakan. Semua akan ditampilkan termasuk suhu yang dianjurkan agar perangkat stabil. Selain itu kita juga akan melihat daftar opsi yang menginformasikan jenis tingkat suhu dari laptop dan komputer. Untuk selalu mendapatkan informasi dari temperature dan akses cepat untuk membuka aplikasinya, cukup buka atau jalankan aplikasi dan di pin ke taskbar. Klik kanan icon dari aplikasi dan pilih “Pin to Taskbar”, maka kita akan mendapatkan short cut aplikasi pada taskbar.

    4. Di internet kita dapat menemukan aplikasi untuk memantau suhu temperature dari komputer. Tetapi Open Hardware Monitor aplkasi yang cukup dapat diandalkan dan akurat serta tidak terlalu menampilkan terlalu banyak informasi.

    Pada perangkat Windows terbaru seperti laptop atau PC biasanya teknik yang lebih canggih sudah terpasang untuk mencegah CPU menghasilkan panas yang berlebihan. Tetapi pada perangkat yang sudah cukup lama, kipas pendingin atau hardwarenya lebih sering tertahan.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa suhu atau temperature dari CPU. Cara yang telah dijelaskan difokuskan untuk memudahkan para pengguna Windows 10 memeriksa temperature pada laptop dan komputer mereka.

    • This topic was modified 2 weeks, 3 days ago by  Admin.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.