Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Pada Perangkat Android

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Pada Perangkat Android

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 3 weeks, 2 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21443

    Admin
    Keymaster

    Banyak perangkat Android dengan harga murah di lengkapi internal memori sebesar 4 sampai 8 GB, padahal 16 GB saja tidak cukup untuk menyimpan aplikasi, foto – foto dan video dengan resolusi tinggi, ditambah koleksi lagu – lagu. Untungnya banyak juga ponsel Android yang telah dilengkapi dengan slot untuk ekternal kartu memori, dan banyak tersedia pilihan microSD dengan harga terjangkau.

    Perlu diingat, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke microSD dan ada beberapa ponsel Android yang tidak mengijinkan untuk memindahkan aplikas ke SD. Ini berarti ponsel dengan 4 atau 8 GB internal memori masih akan bermasalah apabila kita terus memasang aplikasi dan menyimpan banyak data. Walaupun telah tersedia slot untuk eksternal memori.

    Bisa tidaknya aplikasi dipindahkan ke microSD tergantung kepada si pembuat aplikasi dan juga terkadang pembuat ponsel. Misalnya saja seperti Galaxy S8, ini adalah salah satu ponsel yang mengijinkan aplikasi dipindahkan ke SD, tapi kita harus ingat aplikasi tidak akan tersedia apabila kita mecabut memori dari slotnya. Hasil tangkapan layar dibawah ini berasal dari Galaxy S8, mungkin agak berbeda apabila di pada ponsel kita, tapi kurang lebih prosesnya hampir sama.

    Untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, pilih menu setting atau penyetelan, kemudian menu Apps, dan ketuk pada Storage (penyimpanan). Apabila kita memindahkan aplikasi ke SD, kit akan melihat tombol “Change’ di sebelah penggunaan memori (storage used): Internal shared storage.

    Sebagai contoh disini telah dipilih aplikasi BBC iPlayer, aplikasi ini bukan bawaan dari ponsel, sehingga memiliki kemungkinan besar untuk dipindahkan. Biasanya aplikasi bawaan tidak bisa dipindahkan. Disini kita bisa lihat tangkapan layar dari Bixby Voice yang tidak memiliki tombol Change, jadi tidak bisa dipindahkan.

    Untuk memulai proses pemindahan aplikasi ke SD card, cukup ketuk tombol ‘Change’ dan pilih opsi untuk SD card pada menu yang muncul. Kita akan melihat di layar pertanyaan untuk memindahkan aplikasi serta peringatan bahwa kita tidak boleh mencabut ekternal memori pada saat proses berjalan. Ketuk “Move”, maka proses pemindahan akan segera dimulai.

    Cara memindahkan foto – foto, file musik dan file dokumen ke SD card

    Setelah kita berhasil memindahkan aplikasi – aplikasi ke SD card, sekarang kita perlu juga untuk memindahkan file – file lain ke SD. Kembali bukan menu setting (penyetelan), kemudian Storage (penyimpanan) pada ponsel Android atau tablet, lalu cari untuk menu ‘Transfer data to SD card”. Tidak semua ponsel Android memiliki opsi ini, apabila ponsel Android yang anda gunakant tidak memiliki opsi ini, maka pemindahan file – file harus dilakukan dengan cara manual.

    Cara lain yang mudah untuk memindahkan file – file pada ponsel Android yaitu dengan menggunakan komputer atu Mac. Hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan kabel USB, bukanlah Explorer untuk menjelajahi isi ponsel.

    Kita akan dapat melihat internal memori dari ponsel dan SD card berupa perangkat penyimpanan yang terpisah. Pada gambar kami menggunakan Mac, dimana ditangkapan layar, diperlihatkan penyimpanan internal dan SD card pada bagian yang berbeda.

    Untuk memindahkan file – file dari penyimpanan internal ke SD card cukup bawa dan jatuhkan file – file dari penyimpanan internal ke Mac dekstop dan kemudian di masukin kembali ke SD card. Setelah itu kita dapat menghapus isi dari penyimpanan internal. Ingat! Jangan memindahkan file – file sistem dari Android.

    Cara lain kita dapat juga menggunakan aplikasi File Manager. Biasanya hampir di sistem operasi Android, aplikasi ini tersedia. Untuk mulai memindahkan file – file menggunakan aplikasi File Manager, jalankan aplikasi, kemudian ketuk bagian atas dari aplikasi untuk menampilkan lokasi internal memori. Biasanya akan tampil dengan sdcard0 untuk penyimpanan internal, sementara sdcard1 biasanya microSD. Sebagai contoh, kita coba pindahkan foto – foto.

    Pertama buka sdcard0 dan cari folder DCIM, dibawah camera. Tekan satu file cukup lama, maka akan muncul pilihan untuk memilih satu – satu atau sekaligus semua. Setelah kita memilih file yang akan dipindahkan, ketuk tiga titik yang terletak di pojok kanan atas, kemudian pilih Move, pindah ke sdcard1 (microSD) dan pilih “Move Here’, maka proses pemindahan akan berjalan. Lakukan proses diatas untuk file – file lain yang kita ingin pindah ke microSD.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.