Cara Memperbaiki SD Card Rusak dan Melindungi Datanya

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Memperbaiki SD Card Rusak dan Melindungi Datanya

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 3 months, 2 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22664

    Admin
    Keymaster

    Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih perangkat Android adalah karena kemampuan tempat penyimpanannya yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan MicroSD Card. Kapasitas MicroSD card yang dapat digunakan saat ini tersedia hingga 400GB. Tentunya apabila mendadak SD Card rusak, maka pengguna pun akan kebingungan.

    Apabila anda mengalami masalah dengan memperbaiki SD card yang rusak pada perangkat Android, maka berikut ini telah kami rangkum dari internet beberapa langkah perbaikan yang bisa anda coba. Oleh karena tidak ada satu solusi yang jitu, maka kami telah mencoba membuat panduan untuk membantu anda mendeteksi masalah dengan SD Card. Disamping itu juga ada beberapa solusi yang dapat membuat SD card bisa berfungsi kembali dan anda dapat mengambil data yang tersimpan di dalamnya.

    Langkah 1 – Membersihkan fisik SD Card

    Walaupun telah dibuat untuk bertahan lama, sering kali SD Card rusak akibat kerusakan fisik. Hal ini dapat terjadi, karena ponsel Android selalu membawa ke mana-mana, bisa saja ada kotoran dan debu yang masuk ke dalam celah – celah di SD Card, yang bisa saja nantinya membuat SD Card berhenti berfungsi secara mendadak.

    Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk mencoba memperbaiki SD Card yang rusak secara fisik yaitu dengan membersihkannya.

    • Lepaskan kartu MicroSD dari perangkat Android a dan letakkan di permukaan yang bersih. Pastikan anda mematikan telepon sebelum mengeluarkan SD Card.
    • Balikkan kartu MicroSD dan gunakan penghapus putih, gosokan dengan lembut pin kontak berwarna emas pada SD Card untuk menyingkirkan sisa kotoran.
    • Jika anda memiliki larutan pembersih yang mengandung alkohol atau bahkan penghapus cat kuku, oleskan ke pin konektor menggunakan ujung jari atau kain, dan gosok perlahan – lahan.
    • Setekag SD Card kerings, anda dapat memasangnya kembali pada perangkat Android dan nyalakan untuk melihat apakah solusi ini berhasil.

    Langkah 2 – Memformat SD Card

    Jika kartu SD card terdeteksi oleh perangkat Android, tetapi mengalami masalah ketika mengakses file yang tersimpan, ada kemungkinan file tersebut rusak. Ini bisa disebabkan file memang rusak atau ada virus yang menyebabkan masalah ini.

    Apapun penyebabnya, satu-satunya pilihan yang dapat di coba adalah memformat SD card agar dapat digunakan kembali dengan.

    • Dari layar utama perangkat Android, buka aplikasi Setelan lalu gulir ke bawah untuk menemukan Penyimpanan
    • Pada tab penyimpanan, ada pilihan “Erase SD Card” (Hapus SD Card), pilihlah opsi ini.
    • Setelah itu anda akan diminta untuk melakukan konfirmasikan atas tindakan anda untuk menghapus semua file dan folder yang tersimpan di SD Card dan biasanya cara ini efektif menyelesaikan masalah SD Card yang rusak.

    Langkah 3 – Periksa kompatibilitas SD card

    Jika anda mencoba memperbaiki SD card rusak yang digunakan pada perangkat Android yang lebih tua, ada baiknya memeriksanya terlebih secara detail. Apabila SD Card anda tidak berhasil dikenali pada perangkat mobile, tetapi terdeteksi di komputer. Biasanya masalah seperti mungkin ada hubungan dengan masalah kompatibilitas.

    Apabila kartu MicroSD yang anda gunakan pada perangkat Android lama adalah versi SDXC yang dibuat untuk kecepatan transfer yang lebih tinggi, maka MicroSD Card tidak akan dikenali.

    Cari kapasitas maksimum yang dapat diupgrade dan telah didukung oleh perangkat anda, karena dapat bervariasi mulai dari mulai dari 64GB sampai dengan 400GB.

    Langkah 4 – Periksa kartu SD menggunakan computer

    Apabila dengan memformat tidak menyelesaikan masalah dengan SD Card, mungkin diperlukan analisa lebih lanjut. Untuk melakukannya, anda dapat menghubungkan SD Card pada komputer dan menggunakan alat diagnostic pada komputer untuk mengetahui masalah pada SD Card, sehingga anda dapat melakukan perbaikan secara efektif.

    • Sambungkan perangkat Android ke komputer dengan menggunakan kabel USB.
    • Pastikan Anda menghubungkan Android sebagai MSC (mode penyimpanan massal) dan bukan MTP (mode transfer media). Anda bisa melakukannya dengan menggunakan menu notifikasi setelah perangkat Android dihubungkan ke komputer.
    • Buka Windows Explorer dan klik kanan pada drive dimana SD Card berada. Pada menu pilihan, pilih Properties – Tools – Error Checking dan tunggu sampai proses selesai.
    • Komputer akan mencoba memperbarui perangkat lunak untuk SD Card dan memperbaiki kesalahan yang menyebabkan SD Card rusak.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.