Cara Menampilkan Status Penggunaan Internet di Status Bar Pada Perangkat Android

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Menampilkan Status Penggunaan Internet di Status Bar Pada Perangkat Android

Tagged: ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 3 weeks, 2 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21429

    Admin
    Keymaster

    Setiap pabrik yang membuat perangkat Android akan mengimplementasikan fitur tambahan dan penyesuain yang berbeda pada sistem operasinya. Bisa saja mereka merubah tampilan antar muka pengguna dan membuat perangkat Android terasa seperti menggunakan sistem operasi yang berbeda.

    Sesuai dengan konteks dari judul tulisan, maka disini kita juga akan melakukan penambahan atau penyesuaian pada sistem operasi Android pada perangkat kita. Misalnya saja, beberapa pembuat perangkat Android ada yang menambahkan info mengenai koneksi internet di status bar, dan ada juga perusahaan yang tidak menambahkannya.

    Dengan adanya info penggunaan internet, maka pengguna perangkat Android dapat lebih mudah dalam mengelola pemakaian data untuk internet. Apalagi di Indonesia biaya untuk paket internet cukup mahal. Oleh karena itu, akan sangat membantu apabila perangkat Android yang tidak menampilkan info penggunaan internet memiliki informasi tersebut.

    Cara untuk menampilkannya pun cukup mudah dan sederhana, kita hanya perlu mengunduh aplikasi Android yang dapat membantu menampilkan aktifitas penggunaan internet di status bar. Berikut adalah langkah – langkah untuk melakukannya.

    1. Untuk menampilkan status aktifitas dari penggunaan internet cukup mudah, disini kita hanya akan menggunakan satu aplikasi untuk keperluan tersebut. Aplikasi yang akan kita gunakan adalah Internet Speed Meter. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store, jadi siapa saja dapat menggunakannya kapan saja.

    2. Setelah aplikasi terpasang, maka status informasi penggunaan internet akan muncul di tengah – tengah status bar. Mungkin posisi bukanlah posisi terbaik bagi beberapa pengguna. Aplikasi ini sangat mudah untuk di kustomisasi. Kita dapat merubah hampir setiap aspek dari aplikasi tersebut dalam menampilkan informasi pada status bar. Mulai dari merubah posisi sampai dengan merubah batas penggunaan data, kecepatan atau unit transfer dan lain – lain.

    3. Untuk melakukan perubahan pada status bar, buka aplikasi Internet Speed Meter. Di dalam aplikasi, cari menu penyetelan (setting) pada icon yang besar. Di dalam menu penyetelan ada posisi widget, tampilan dan aspek lainnya seperti sembunyikan dan setelan lainnya.

    4.Kenapa aplikasi ini yang kita gunakan, karena aplikasi ini sudah jauh lebih stabil dan tidak menimbulkan dampak terhadap aplikasi lain yang sedang berjalan ataupun fungsi – fungsi dari sistemnya. Apabila memang aplikasi ini tidak sesuai dengan keinginan kita, maka kita dapat menggantinya dengan aplikasi lain yang tersedia banyak di Google Play Store.

    Hal lain yang perlu diketahui ialah aplikasi Internet Speed Meter akan berjalan di memori walaupun aplikasi kita tutup. Ini tentunya menyedot energy dari baterai, sehingga membuat kinerja perangkat akan sedikit berubah. Namun, tidak akan menimbulkan masalah besar terhadap sistem secara keseluruhan.

    • This topic was modified 3 weeks, 2 days ago by  Admin.
    • This topic was modified 3 weeks, 2 days ago by  Admin.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.