Cara Mengetahui Siapa yang Melacak Anda Melalui Perangkat Android Anda

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Mengetahui Siapa yang Melacak Anda Melalui Perangkat Android Anda

Tagged: ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 2 months, 2 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #23876

    Admin
    Keymaster

    Hari-hari dimana sebuah smartphone hanya digunakan untuk komunikasi suara sudah kita lalui. Saat ini kita hidup di generasi di mana ponsel pintar telah lebih dari sekadar dari komputer canggih yang biasa kita bawa di saku.

    Jika kita berbicara tentang sistem operasi Android, alasan orang memilih Android di atas OS seluler lainnya adalah bahwa platform ini memiliki berbagai jenis fitur untuk setiap keperluan tertentu. Hari ini di dunia maya banyak masalah keamanan seperti virus, malware, trojan, dan keylogger yang dapat memengaruhi perangkat Android.

    Sebagian besar malware ditargetkan untuk sistem operasi Android karena Android sekarang menjadi penggerak dari mayoritas ponsel pintar. Keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama dalam kasus-kasus seperti itu. Di sini kami akan menjelaskan beberapa kode singkat yang akan membantu menemukan pengaturan telepon dan juga untuk mengetahui pesan dan informasi apakah kita sedang dilacak.

    Kode 1: *#21#
    Kode ini akan membiarkan menginformasikan apakah pesan, panggilan, dan data lainnya dialihkan. Kita dapat menemukan detail tentang penerusan panggilan dan bahkan dapat mengetahui di mana data, suara, faks, SMS, sinkronisasi, asinkron, akses paket, dan penerusan panggilan akses pad diaktifkan atau dinonaktifkan.

    Kode 2: *#62#
    Jika seorang teman memberi tahu kita, ketika ia menghubungi kita dan mendapatkan pesan bahwa nomor kita tidak ada layanan atau tidak ada jawaban, maka kita perlu menggunakan kode ini pada ponsel pintar untuk mencari tahu di mana panggilan, pesan, dan data sedang dialihkan. Ada kemungkinan bahwa panggilan dialihkan ke salah satu nomor operator telepon seluler yang kita gunakan.

    Kode 3: ##002#
    Ini adalah kode universal untuk menonaktifkan semua penerusan panggilan. Ini akan segera mematikan semua pengalihan dari ponsel kita. Jika kita merasa bahwa panggilan sedang dialihkan, maka kita dapat menghubungi kode ini untuk menghentikan pengarahan ulang. Sebaiknya gunakan kode ini sebelum harus menggunakan fasilitas roaming agar tidak dikenakan biaya.

    Kode 4: *#06#
    Kode ini digunakan untuk menemukan International Mobile Equipment Identifier (IMEI). Kode ini akan sangat berguna untuk menemukan nomor IMEI dari ponsel pintar. Kita dapat mencatat nomor IMEI dan menyimpannya di tempat yang aman. Dengan bantuan nomor IMEI, kita dapat menemukan ponsel pintar tersebut ketika dicuri seseorang.

    Kode 5: *#*#4636#*#* or *#*#197328640#*#*
    Kode khusus ini akan memungkinkan siapa saja dapat melacak lokasi kita dan juga menentukan apakah seseorang sedang mengikuti kita.

    Ketik kode berikut pada tombol angka, kemudian pilih bagian yang disebut UMTS Cell Environment, lalu pilih UMTS RR info. Sekarang catat semua angka di bawah Cell ID.

    Selanjutnya pindah ke menu utama, kemudian klik tab info MM> Melayani PLMN. Sekarang catat angka-angka di bawah kode area Lokal (LAC).

    Setelah mencatat kedua angka tersebut, buka situs opencelid dan pilih tab keempat di sebelah kiri. Dari sana kita dapat menentukan lokasi di peta untuk stasiun dasar tempat ponsel kita terhubung.

    Cara Melindungi Diri Dari Orang yang Memata-matai

    Di atas, kami telah menjelaskan beberapa kode yang akan membantu kita untuk mengetahui apakah sedang dilacak atau tidak. Namun, kode-kode ini tidak dapat menjaga hacker atau orang yang memata-matai kita dari jauh. Jadi, kita harus mengambil beberapa langkah yang tepat untuk melindungi komputer dari para kriminal dan orang yang memata-matai.

    #1 Menggunakan pesan terenkripsi adalah cara terbaik untuk menjauhkan ponsel dari orang yang memata-matai. Kita dapat menggunakan aplikasi pesan singkat yang aman seperti Wickr, Telegram, Chare, atau Sinyal yang mampu mengenkripsi semua pesan.

    #2 Jangan pernah aktifkan opsi ‘Sumber Tak Dikenal’ (Unknown Sources) pada ponsel pintar Android. Fitur ini ada karena suatu alasan dan memberikan keamanan yang baik untuk Android. Jika kita masih ingin untuk mengaktifkan opsi ini, pastikan untuk menonaktifkannya setelah menggunakan.

    #3 Jangan lakukan transaksi perbankan dari ponsel pintar Android. Ada aplikasi perbankan yang tersedia di Play Store, tetapi mereka tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Jika memungkinkan, jangan simpan kredensial penting di ponsel pintar Android.

    #4 Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet yang mengklaim dapat mengetahui siapa yang sedang melacak kita. Kebanyakan dari aplikasi-aplikasi itu merupakan penipuan dan itu hanya akan menjebak pengguna. Jadi ada baiknya bergantung pada operator ponsel untuk menggunakan layanan pelacakan. Website atau aplikasi yang mengklaim mampu mengetahui lokasi orang lain hampir pasti memiliki maksud kriminal.

    • This topic was modified 2 months, 2 weeks ago by  Admin.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.