Cara Menghapus Keylogger Tersembunyi di Sebuah Komputer

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Menghapus Keylogger Tersembunyi di Sebuah Komputer

Tagged: ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 8 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22329

    Admin
    Keymaster

    Keylogger merupakan cara unik yang sering digunakan oleh para peretas untuk mengenali atau mendapatkan informasi atau data – data. Hal yang perlu mereka lakukan adalah mendapatkan akses pada sebuah perangkat untuk memasang skrip keylogger. Setelah terpasang keylogger tidak akan terlihat sama sekali. Skripnya akan bekerja di dalam memori dalam sebuah layanan yang tersembunyi dari pengguna.

    Akses pada perangkat hanya diperluka sekali saja pada saat proses pemasangan skrip. Setelah terpasang, keylogger akan mulai merekam setiap kata dan ketikan yang terjadi pada keyboard. Semua data dari kata – kata yang diketik oleh pengguna termasuk password dan informasi akun yang telah diakses sebelumnya oleh pengguna.

    Jadi bagaimana caranya kita dapat mengetahui apakah di dalam komputer kita terpasang keylogger? Apabila ada bagaimana kita menghapusnya?

    Melalui tulisan ini, kami telah merangkum beberapa cara dari internet yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan menghapus keylogger. Berikut langkah – langkah yang menghapus keylogger dari dalam sebuah komputer.

    1. Menggunakan Penyetelan (Settings) di Windows

    Apabila kita mengggunakan komputer berbasis Windows, maka cara yang paling mudah untuk menghapus keylogger adalah melalui Control Panel. Kemudian pilih opsi Uninstall Program atau Add or Remove Program. Ini tergantung dari versi Windows yang digunakan.

    Setelah itu, melalui opsi yang kita pilih diatas, maka kita akan melihat daftar aplikasi dan fitur yang ada pada komputer. Lihat daftar tersebut dan analisa secara teliti setiap aplikasi yang ada. Temukan aplikasi atau program yang kita rasa tidak pernah memasangnya, bisa jadi aplikasi atau program tu merupakan malware atau virus. Apabila ada, hapus aplikasi tersebut, dengan mengklik kanan mouse. Setelah aplikasi atau program yang dicurigai kita hapus, matikan perangkat dan nyalakan kembali. Dengan cara ini, kemungkinan besar kita telah menghapus keylogger.

    2. Menggunakan SpyHunter

    Aplikasi tersedia untuk pengguna yang belum memiliki pengetahuan mengenai cara mencari keylogger pada sebuah komputer. Aplikasi canggih ini secara otomatis akan menjalankan proses pencarian dan penghapusan keylogger tersembuni dari sebuah komputer.

    Penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah untuk dipahami. Kita hanya perlu mengklik tombol pemindaian (Scan) untuk memulai proses. Aplikasi ini akan bekerja seperti anti virus ketika mencari malware atau virus.

    Setelah keylogger ditemukan, maka kita dapat menghapusnya pada pilihan yang disediakan oleh aplikasi SpyHunter. Jadi tidak butuhkan keahlian khusus untuk menggunakan aplikasi ini.

    Diharapkan melalui tulisan ini, kita dapat memahami bagaimana mengetahui apakah ada keylogger tersembunyi dalam komputer kita. Cara ini cukup efisien untuk mengetahui apakah ada skrip yang membocorkan data, karena bisa saja didalamnya terdapat keylogger.

    Semoga infromasi ini bisa memberikan manfaat dan tambahan wawasan bagi kita semua. Serta menjadi sebuah solusi bagi yang saat ini membutuhkannya.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.