Cara Menghentikan Website Yang Menanyakan Lokasi

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Menghentikan Website Yang Menanyakan Lokasi

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 2 weeks, 6 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21794

    Admin
    Keymaster

    Saat ini semua orang sudah terbiasa melakukan penjelajahan internet menggunakan aplikasi web browser. Biasanya mereka menggunakan aplikasi – aplikasi seperti Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan lain – lain.

    Biasanya saat kita sedang menjelajahi internet, ada beberapa website yang menanyakan lokasi dimana kita berada. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data, sehingga mereka bisa menyajikan produk yang paling sesuai dengan wilayah dimana pengguna berada.

    Ada situs – situs yang menanyakan lokasi setelah pengguna login, tapi ada juga yang menanyakan lokasi begitu kita membuka sebuah situs, tentunya ini akan sangat mengganggu. Semua itu kembali ke pengguna, apakah mereka ingin memberitahukan lokasi mereka atau tidak.

    Apabila hal tersebut terasa sangat mengganggu, maka kita dapat menonaktifkan permintaan untuk menanyakan lokasi pada aplikasi browser yang kita gunakan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan permintaan lokasi pada sejumlah aplikasi browser yang umum digunakan.

    1. Google Chrome

    Pada Google Chrome untuk menonaktifkannya kita bisa membuka menu di bawah halaman preferensi yaitu “Show Advanced Settings”. Klik menu tersebut, selanjutnya klik tombol “Content Settings” yang terletak dibawah bagian Privasi (Privacy). Kita dapat melihat sejumlah menu, carilah “Location settings”, setelah itu cukup pilih, “Do Not Allow Any Site to track your Physical Location”.

    2. Mozilla Firefox

    Untuk mengakses menu menonaktifkan permintaan lokasi pada Firefox ketik pada bagian alamat situs perintah “about:config” kemudian tekan tombol enter. Ini adalah jalan pintas untuk mengakses lokasi preferensi untuk pelacakan lokasi. Tekan tombol “Accept” ketika muncul di layer setelah kita membuka halaman. Kemudian klik dua kali pada “Geo-Enabled” menu pada halaman tersebut. Firefox akan menghentikan semua permintaan pelacakan dari semua situs yang memintanya.

    3. Microsoft Edge

    Pada browser ini, tidak ada pilihan untuk mengontrol lokasi preferensi akses. Untuk melakukan perubahan, maka kita harus mengakses Settings pada Windows, guna merubah akses permintaan lokasi. Setelah kita membukan Settings pada Windows dan menemukan Privacy settings, pilih aplikasi yang ingin kita rubah setelannya dan kita dapat menemukan Edge Browser disana.

    4. Internet Explorer

    Klik Tools option dari menu, kemudian klik bagian Privacy. Tandai pilihan “Never allow websites to request your physical location option’.

    5. Apple Safari

    Buka menu Privacy settings dan ubah “Websites Use of Location Services” menjadi “Deny without prompting”.

    Sebaiknya permintaan lokasi dimatikan saja, karena kita tidak akan diganggu lagi untuk pertanyaan yang menanyakan lokasi dimana kita berada. Ini juga akan membantu menghindarkan kita dari jebakan para peretas yang akan memanfaatkan informasi tersebut.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.