Cara Mengirimkan Email Terenkripsi di Android

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Mengirimkan Email Terenkripsi di Android

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 2 weeks, 5 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21176

    Admin
    Keymaster

    Email merupakan pilihan terbaik untuk membicarakan bisnis, mengirimkan media dan lain – lain. Karena email pilihan pengiriman tercepat. Umumnya para penyedia jasa telah memastikan keamanan untuk email – email yang dikirim dan diterima penggunanya. Namun, apabila pengguna ingin meng-enkripsi email mereka untuk lebih meningkatkan keamanan, tentunya ini dapat dilakukan.

    Email yang terenkripsi akan lebih sulit bagi para peretas untuk membongkarnya. Ada baiknya email – email yang sifatnya penting di enkripsi, sehingga lebih aman dan tidak dapat dibuka oleh orang yang tidak dikenal dan pengguna yang tidak terverifikasi.

    Tidak semua pengguna email mengetahui cara untuk meng-enkripsi email mereka. Oleh karenanya dibutuhkan panduan agar mereka dapat melakukannya. Untuk itulah kami menyiapkan tulisan ini, agar para pengguna email dapat memahami cara meng-enkripsi email.

    Sebelum memasuki langkah – langkah untuk meng-enkripsi email, ada baiknya kita memahami cara kerja dari enkripsi email.

    Apa yang terjadi ketika kita mengirimkan email kepada seseorang, email yang kita kirimkan akan terkirim melalui sebuah jaringan. Namun, tidak semuanya jaringan itu aman dilalui oleh email.

    Karena para peretas bisa membobol sistem keamanan sebuah jaringan. Selanjutnya mereka akan dengan mudah membuka setiap email yang dikirimkan melalui jaringan tersebut dan mengambil informasi – informasi penting yang di dalam email.

    Enkripsi email adalah semacam sistem penguncian yang digunakan untuk mengunci email dengan menggunakan password. Jadi ketika si penerima telah menerima email yang kita kirimkan, ketika mereka hendak membukanya, mereka perlu menggunakan password yang telah dipasangkan pada email tersebut.
    Jadi para peretas bisa saja membobol sebuah jaringan, tapi ketika mereka mendapat email yang ter-enkripsi maka tentu tidaklah mudah untuk mengaksesnya. Apabila memang mereka memaksa untuk membukanya, maka sistem enkripsi yang ada yang segera mengunci email dan menutup isi email.

    Setelah kita mendapatkan gambaran mengenai cara kerja dari email yang dienkripsi, maka kita bisa mencoba untuk menggunakan enkripsi pada email – email yang kita akan kirimkan.

    Langkah – langkah untuk mengirimkan Email Terenkripsi pada Android:

    1. Langkah pertama kita perlu mengunduh GPGTools. Setelah itu pasang aplikasi tersebut pada perangkat Android. Selanjutnya kita perlu memasang aplikasi bernama Enigmail Extension, pastikan versinya sesuai dengan email klien yang kita gunakan.

    2. Setelah selesai memasang aplikasi – aplikasi diatas, buka email klien. Kita bisa lihat ada menu yang ditambahkan bernama “OpenPGP”. Buka menu ini dan klik pada Key Management option.

    3. Pada jendela baru yang muncul, klik Generate Button dan klik lagi New Keypair. Pada jendela untuk membuat OpenPGP Key, ambil kedua kode untuk alamat email yang akan kita gunakan. Kemudian pilih password untuk enkripsi email. Klik tombol Generate Key, tunggu hingga proses selesai.

    4. Buka email klien, kemudian buka Key Management. Klik kanan mouse pada kode yang kita ingin simpan dan simpan ini melalui “Export Keys to File.” Kita akan ditanyakan untuk mengeksport kunci keamanan, jadi ekspor saja melalui pilihan Export Security Keys.

    5. Sekarang kita bisa mulai mengkonfigusai email klien, buka email klien yang kita gunakan dan buka menu OpenPGP. Pilih Sign Message and Encrypt Message options. Pastikan kedua pilihan ini kita pilih untuk pesan yang akan dienkripsi. Selanjutnya kita mengetik pesan di email seperti normalnya kita lakukan dan kirimkan emailnya.

    6. Si penerima harus mengetahui password email yang telah kita buat untuk email yang kita kirimkan. Kita dapat menginformasikannya dengan menelepon atau menemuinya terlebih dahulu.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.