Cara Meningkatkan Akurasi Mouse di Windows

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Meningkatkan Akurasi Mouse di Windows

Tagged: ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 1 week, 4 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21946

    Admin
    Keymaster

    Terkadang mouse di Windows tidak berfungsi efektif ketika digunakan. Bisa saja ketika mengarahkan pointer dari mouse tapi tidak tepat berada di posisi yang kita inginkan. Hal ini bisa disebabkan mousenya rusak atau tingkat sensitivitas mouse di Windows kurang baik.

    Hal pertama yang biasanya dilakukan adalah mengganti mouse, padahal bisa saja masalah itu diakibatkan oleh aplikasi atau software yang digunakan. Banyak pengguna komputer yang mungkin merasa kesulitan untuk melakukan troubleshooting untuk masalah seperti ini.

    Untuk itulah, kami telah mencoba merangkum dari internet tulisan mengenai bagaimana mengelola atau memperbaiki akurasi mouse di Windows.

    1. Pertama, buka Control Panel di Windows, kemudian cari menu Hardware and Sounds, setelah ketemu klik iconnya. Setelah itu kita akan melihat tampilan sejumlah pilihan terkait dengan perangkat keras yang di komputer. Karena kita ingin memperbaiki tingkat akurasi dari mouse, maka carilah menu Mouse dan klik iconnya.

    2. Di Windows 10 ke atas menu mouse ada di Settings – Devices – Mouse – Additional Mouse. Ikuti alur tersebut dan pada menu di di Mouse pilih menu Pointer untuk mematikan atau menyalakannya. Pada cara ini kita seharusnya mengaktifkan fungsi tersebut, sehingga Mouse akan dapat memanfaatkan fungsi tersebut. Setelah perubahan dilakukan jangan lupa untuk menyimpan perubahannya dengan mengklik tombol Save. Ini akan membantu meninkatkan akurasi mouse dan lebih mempercepat gerakannya sedikit.

    3. Apabila perubahan yang kita lakukan tersebut tidak membantu, kita dapat menggunakan keyboard sebagai pengontrol mouse. Untuk mengaktifkan fitur ini kita perlu mengakses Control Panel – Ease of Access – Change How Your Keyboard Works – Set Up Mouse Keys atau kita juga bisa melakukannya dengan menekan tombol Alt+LeftShift+Num Lock pada keyboard untuk menjadikannya sebagai Mouse.

    4. Melalui penyetelan di atas kita dapat mengontrol dan menggerakkan penunjuk mouse dengan menggunakan tombol – tombol di keypad pada keyboard. Tombol – tombol tersebut hanya menggerakkan penunjuk berdasarkan pixel per pixel ketika kita menekan tombol – tombol tersebut dan semakin lama kita menekan tombol maka penunjuk akan bergerak dengan cepat. Ini sangat tepat bagi seseorang yang pekerjaannya mendesain sesuatu, membuat karya seni atau melakukan penyuntingan pada perangkat mereka. Untuk akurasi mungkin tidak bisa sama, tetapi paling tidak kecepatannya akan dapat membantu pengguna menyelesaikan pekerjaannya.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.