Cara Menyembunyikan File di Google Drive

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Menyembunyikan File di Google Drive

Tagged: 

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 1 week, 3 days ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #21953

    Admin
    Keymaster

    Menyembunyikan file merupakan cara terbaik untuk melindungi file agar tidak dapat dilihat dan ditemukan dengan mudah oleh orang lain. Memang ini bukanlah cara terbaik untuk melindungi file – file tersebut dari peretas. Namun, apabila kita ingin melindungi file agar tidak dapat dilihat ketika seseorang menggunakan perangkat kita, maka cara ini cukup efektif.

    Pada sebuat perangkat yang memiliki aplikasi untuk mengelola file (file manager) akan sangat mudah untuk menyembunyikan file melalui menu yang memang sudah tersedia. Tetapi ketika kita menggunakan Google Drive yang merupakan cloud storage apakah memungkinkan juga? Walaupun sebenarnya kita tidak perlu menyembunyikan file di Google Drive yang sudah terlindungi oleh password, tetapi kita dapat menyembunyikan file juga didalamnya.

    Mungkin tidak semua orang bisa menyembunyikan file mereka di dalam Google Drive, karena melakukannya tidaklah semudah ketika menggunakan file manager. Jadi diperlukan sebuah panduan untuk dapat menyembunyikan file di Google Drive.

    1. Langkah pertama, kita perlu mengakses akun Google Drive dan pastikan file yang ingin kita sembunyikan ada didalamnya. Perlu dicatat juga bahwa proses menyembunyikan file di dalam Google Drive kita perlu mengunggah file sebelumnya dan tidak boleh ada file yang sama di Google Drive.

    2. Selanjutnya, klik kanan pada file yang hendak kita sembunyikan, kemudian pilih Manage Version. Piliha Upload the New Version dan unggah file lain seperti file image, file yang formatnya berbeda dengan file yang kita telah upload sebelumnya untuk disembunyikan.

    3. Setelah file versi terbarunya di unggah, ganti nama dari file ke nama yang lain. Proses ini memastikan bahwa file telah berubah total di Google Drive, jadi jangan ragu – ragu untuk merubah format dari filenya.

    4. Sekarang Google Drive akan mengenali file tersebut sebagai file image atau file dengan format yang sama dengan file versi terbaru yang telah diunggah. Akan ada thumbnail dari file tergantung versi terbaru yang telah diunggah dan siapa saja yang mencoba membukannya tidak akan bisa. File akan dipanggil sebagai file format dan nama yang telah kita ubah. Jadi seperti kita membuka file .jpg seharusnya akan terbuka format image, tetapi tidak ada tampilan apa – apa di layarnya.

    5. Lakukan langkah – langkah diatas untuk file lain yang ingin kita sembunyikan di Google Drive. Apabila kita berhasil melakukannya, maka kita tidak perlu khawatir lagi file kita akan dibuka oleh orang lain.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.