Cara Overclock Prosesor Intel Untuk Mendapatkan Kinerja yang Lebih Baik

Home Forums Forum Komunikasi Anggota Cara Overclock Prosesor Intel Untuk Mendapatkan Kinerja yang Lebih Baik

Tagged: ,

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Admin 3 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #22641

    Admin
    Keymaster

    Kali ini kita akan membahas cara melakukan overclock pada prosesor Intel, sehingga membantu kinerjanya menjadi lebih baik. Cara overclock ini dilakukan dengan menggunakan FBS dan BIOS untuk meningkatkan kecepatan dari prosesor.

    Kemampuan untuk melakukan dan memproses tugas hanya dapat melalui prosesor perangkat saja. Komputer, ponsel pintar dan semua perangkat digital lain beberapa fungsinya memanfaatkan prosesor untuk dapat bekerja. Kecepatan kinerjanya tergantung dari seberapa besar kecepatan prosesor, lebih cepat tentunya akan semakin baik kinerjanya.

    Tentunya ada beberapa jenis prosesor yang dibuat oleh produsen yang berbeda. Semuanya sangat berbeda baik cara ataupun tujuannya, Intel adalah salah satu prosesor yang paling banyak digunakan untuk komputer. Sekarang kembali ke topik pembahasan, dimana kita sedang membahas soal bagaimana cara melakukan overclock pada prosesor. Arti dari overclock adalah cara untuk meningkatkan kecepatan prosesor diatas kecepatan normalnya.

    Melalui cara ini, peningkatan kecepatan dapat dicapai untuk perangkat, sehingga menghasilkan kinerja yang baik. Untuk melakukan overclock kecepatan prosesor, kita perlu melakukan beberapa langkah.

    Berikut ini langkah – langkah yang dilakukan untuk melakukan overclock pada prosesor Intel.

    #1 Kecepatan proses dari prosesor Intel dapat ditingkatkan dengan menaikkan FBS atau Front Side Bus yang merupakan data transfer antara CPU dan RAM. Ini merupakan metode yang cukup efisien utnuk meningkatkan kecepatan prosesor Intel.

    #2 Cara lain untuk menaikkan kecepatan dari prosesor Intel adalah melalui sistem BIOS. Ada beberapa aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk menaikkan memprosesan melalui BIOS.

    #3 Sekarang untuk caranya, pertama kita masuk ke dalam BIOS, kemudian buka menu “Jumper-Free configuration” di tab “Advanced”. Pada pilihan tersebut, kita akan dapat melihat konfigurasi dari CPU.

    #4 Kita akan dapat melihat sejumlah nilai untuk kecepatan prosesor. Perlu dicatat bahwa BIOS juga berbeda – beda versinya, karena ada beberapa alternatif pembuat BIOS untuk sistem komputer. Apabila BIOS yang kita miliki mempunyai pilihan seperti dilangkah sebelumnya, maka kita dapat menaikkan kecepatan prosesornya. Berikut ini adalah opsi untuk menentukan kecepatan prosesor yang sesuai, batasan limit kecepatan terbaik adalah 9X dan jangan memaksakan lebih dari nilai tersebut.

    #5 Pastikan langkah yang kita ikuti sudah benar dan setelah kita melakukan perubahan pada BIOS mati dan nyalakan perangkat setelah perubahan disimpan. Proses ini juga dapat dikembalikan, jadi tidak perlu khawatir adanya efek samping yang ditimbulkan dari proses ini.

    Pada artikel ini, diharapkan kita menjadi mengetahui mengenai metode yang bisa digunakan untuk melakukan overclock pada prosesor Intel di komputer atau laptop. Perlu diperhatikan bahwa dengan menggunakan cara ini, kita bisa mendapatkan kinerja berkecepatan tinggi lebih dari kekuatan sebenarnya yang dimiliki oleh prosesor.

    Namun, perlu diketahui juga bahwa dengan menggunakan cara ini dapat membahayakan prosesor komputer dengan melakukan overclocking. Apabila memang kita memutuskan untuk mencoba metode ini, maka perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Berbeda halnya jika kita akan mencobanya pada prosesor komputer yang memang tidak kita gunakan untuk bekerja sehari – hari.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.