Google 19 Tahun Yang Lalu

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Ketika Google dibuat, Google tidak lansung mendominasi pencarian di internet. Yahoo! jauh lebih populer dan memiliki banyak pengguna. Tetapi sekarang Google telah menjadi perusahaan teknologi raksasa, yang telah merayakan ulang tahunnya ke – 19.

Hari ini Google merayakan ulang tahun ke – 19, sebuah event lebih besar lagi telah menanti tahun depan. Waktu berjalan cepat, pastinya sebagian besar dari kita pernah menyaksikan dan ingat bagaimana awalnya mesin pencari Google muncul. Banyak yang telah berubah, baik itu disisi interface dan fungsi, malah sekarang Google lebih dari sekedar mesin pencari.

Ketika awalnya dibuat, Google kalah populer dengan Yahoo!, ditambah juga Yahoo! memiliki fitur untuk menampilkan informasi cuaca dan hasil pertandingan olahraga. Kita harus jujur, 19 tahun yang lalu Google terlihat jelek dan terasa membosankan, walaupun begitu tapi masih efektif. Dan sejak saat itu, evolusi tidak pernah berhenti, selalu saja ada fitur baru yang ditambahkan.

Disini yang dibicarakan lebih mengenai mesin pencarinya, bukan perusahaannya. Kalau kita lihat Google hari ini, tentunya kita juga membicarakan mengenai Alpabet, matrix yang bekerja untuk afiliasi yang berhubungan denqan merek, seperti mobil swa kemudi Google.

Tapi ada sedikit yang membuat bingung dari perayaan ulang tahun Google. Sebelumnya Google merayakan ulang tahun dengan tanggal – tanggal yang berbeda, misalnya, September 7th, 8th, 4th, and 27th. Dibawah ini kita bisa lihat tampilan Google pada versi pertamanya.

Google 19 Tahun Yang lalu

Betulkan terlihat membosankan? Kita hanya melihat sedikit tulisan sebagai kontennya, memang saat itu masih bisa dibilang dalam tahap percobaan. Dan dibawah ini, kita bisa melihat mesin pencari Google dengan antarmuka penggunanya yang pertama.

Google 19 Tahun Lalu

Jadi kita telah melihat bagaimana dalam beberapa tahun Google telah berubah. Dari tampilan situs yang kuno dan jelek menjadi situs yang memiliki desain responsive yang disesuaikan untuk perangkat mobile. Bagi genarasi baru saat ini tentunya akan mengejutkan untuk melihat perjalanan internet di masa lalu.

Apabila ingin melihat lebih banyak lagi, kita dapat melihatnya melalui situs archive.org., sebuah situs perpustakaan digital. Cukup ketik alamat urlnya, maka seolah – olah kita memasuki sebuah mesin waktu dan melihat kembali ke masa lalu.(hh)

Sumber