Google Akan Luncurkan Desain Gmail yang Baru

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google merencanakan akan meluncurkan desain baru untuk tampilan antar muka Gmail dalam waktu dekat. Perusahaan mesin pencari raksasa itu mengatakan bahwa pada desain yang baru akan menyertakan sejumlah fitur baru yang juga akan tersedia untuk akun Gmail biasa.

Google menjanjikan tampilan Gmail yang lebih segar dan bersih di web, dengan tambahan fitur seperti Balasan Cerdas (Smart Reply), kemampuan untuk menunda email (snooze emails), dan dukungan offline.

Namun, Google tidak menjelaskan secara persis seperti apa desain baru yang akan diterapkan untuk Gmail, tetapi perusahaan tersebut baru-baru ini meluncurkan sebuah desain baru untuk Google Kalender.

Google kalender akan diperbarui dengan ikon yang lebih modern, warna, dan kotak kegiatan yang lebih bersih. Secara keseluruhan, desainnya menjadi lebih mirip dengan aplikasi seluler. Oleh karena itu bisa diasumsikan bahwa Gmail sendiri akan diperbarui dengan cara yang sama.

Pada tahun 2014 Google pernah secara radikal mendesain ulang Gmail untuk tampilan Kotak Masuknya. Namun, sejauh ini perusahaan tersebut tetap menggunakan desain Gmail yang asli untuk versi webnya.

Seperti sebagian besar layanan Google, Gmail telah mengalami peningkatan pesat dengan platform emailnya. Saat ini saja diperkirakan Gmail telah memiliki lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia.

Tahun lalu perusahaan mesin pencari raksasa tersebut telah mengumumkan adanya peningkatan kapasitas untuk fungsi lampiran pada layanan emailnya, sehingga memungkinkan pengguna untuk menerima pesan dengan lampiran hingga 50 MB.

Dengan adanya peningkatan ini berarti para pengguna gmail akan bisa menerima lebih banyak foto, file atau unduhan lainnya dengan email dibandingkan dengan sebelumnya.

Namun sayangnya, peningkatan ini tidak sampai kepada peningkatan untuk mengirimkan lampiran yang lebih besar, saat ini untuk pengiriman lampiran masih dibatasi hingga 25MB.
Desain ulang Gmail akan hadir dalam beberapa minggu mendatang sebagai program awal untuk pelanggan G Suite dan akun Gmail pribadi. Selain itu, Google juga ingin menguji ekstensi Gmail pada Chrome guna memastikan pengalaman dalam menggunakan Gmail.

Google telah memberikan konfirmasi bahwa desain Gmail baru sedang dalam proses.

“Kami sedang mengupayakan sejumlah pembaruan besar untuk Gmail (saat ini mereka masih dalam tahap penyiapan),” ujar juru bicara Google.

“Kami perlu sedikit waktu untuk menenangkan diri, jadi tidak dapat memberikan informasi terlalu detail untuk saat ini, kami akan memberikan informasi kapan waktu perubahan diterapkan.”(hh)

Sumber