Google Buka Garasi Digital Pertama di Skotlandia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google telah membuka “garasi digital” (digital garage) pertama di Skotlandia sebagai bagian dari upaya untuk melatih masyarakat umum untuk menggunakan teknologi dengan lebih baik. Pelatihan gratis di berbagai bidang seperti membuat CV dan bagaimana tetap aman ketika online akan tersedia di Garasi Digital, setelah sebelumnya diluncurkan di Edinburgh pada hari Senin.

Perusahaan teknologi raksasa tersebut telah membuka garasi digital pertamanya di Inggris tiga tahun lalu. Para pengusaha diundang untuk mendapatkan ‘tune-up’ digital dan mengambil kelas master. Selain itu pengusaha kecil dan calon pengusaha juga diundang untuk bergabung untuk memanfaatkan sesi bimbingan yang disediakan.

Ronan Harris, Managing Director Google untuk Inggris dan Irlandia mengatakan bahwa setiap orang harus memiliki akses ke keterampilan digital yang mereka butuhkan untuk menumbuhkan kepercayaan diri, karir, atau bisnis online mereka.

“Itulah sebabnya kami bersemangat sekali untuk membawa Garasi Digital Google ke Skotlandia dan menawarkan pelatihan keterampilan gratis untuk masyarakat dan bisnis local,” ujar Ronan.

Disamping itu, Google juga menghadirkan sekitar 100 acara pelatihan keterampilan digital di dalam dan di sekitar Glasgow. Ruth Davidson seorang pemimpin Konservatif Skotlandia hadir ketika pembukaan dilakukan di Edinburgh.

“Mencari orang dengan keterampilan teknis yang tepat adalah sebuah tantangan terbesar bagi para pengusaha, dan terus meningkat,” kata Ruth.

“Namun, pada saat yang sama, kita tahu satu dari lima orang di Skotlandia bahkan tidak memiliki keterampilan digital paling dasar,” imbuhnya.

“Jadi ada kesenjangan keterampilan dan orang-orang yang suka bekerja di sektor digital saat ini tidak memiliki keterampilan yang cukup,” lanjutnya.

“Dan hal tersebut tidak bisa terus berlanjut. Teknologi dan ekonomi digital akan menjadi sebuah hal yang vital jika kita ingin mencapai pertumbuhan ekonomi di Skotlandia dalam beberapa tahun mendatang,” jelas Ruth.

Pada akhir pembicaraann Ruth mengatakan bahwa semua mengetahui bahwa ada revolusi digital di depan kita dan itu akan bergerak menjadi lebih cepat. Oleh karena itu perlu adanya kerja sama dan menjalankan kekuasaan secara bertanggung jawab, sehingga kita dapat memastikan semua orang akan mendapatkan manfaat.(hh)

Sumber