Google Chromecast Ubah TV HDMI Jadi Smart TV

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Seperti yang dilansir dari Tekno Tempo, Google telah menghadirkan Google Chromecast di Indonesia. Dengan menggunakan alat dari Google ini maka televisi dirumah Anda akan dapat dirubah menjadi smart TV atau televisi pintar.

“Mulai hari ini kami hadirkan Chromecast terbaru yang telah tersedia melalui situs Lazada dan Indosat Ooredoo,” ujar John Harding, Vice President of Engineering at YouTube, seperti yang dikutip dari Tekno Tempo.

Segala bentuk konten serta layanan dari ponsel, tablet, serta laptop dapat ditransfer ke televisi anda dengan Google Chromecast.

Penggunaan Chromecast akan membuat ponsel Anda berfungsi sebagai remote untuk mengontrol perangkat tersebut. Dengan perangkat serta aplikasi Chromecast, konten yang ada di perangkat seperti ponsel, tablet dan bahkan laptop dapat ditampilkan di layar televisi anda.

Cara memakai perangkat Chromecast ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyambungkan kabel Chromecast ke port HDMI yang terdapat di televisi Anda. Perangkat Chromecast memerlukan daya sendiri, sehingga anda perlu menghubungkan perangkat tersebut ke outlet listrik dirumah Anda dengan menggunakan kabel USB atau micro USB yang telah disediakan.

Setelah itu, pada televisi Anda perlu mengakses menu port HMDI untuk mengaktifkannya. Agar dapat terkoneksi ke ponsel yang Anda akan gunakan, maka Anda perlu memasang aplikasi Chromecast yang dapat di unduh di Google Play Store dan App Store. Apabila Anda ingin menghubungkan komputer (PC) atau laptop, Anda juga perlu memasang aplikasi yang bisa di unduh pada situs chromecast.com/setup.

Apabila semua persiapan diatas telah dilakukan, Anda tinggal mengaktifkan aplikasi Chromecast pada ponsel ataupun tablet. Untuk dapat menggunakan perangkat Chromecast ini, diperlukan koneksi WiFi serta ponsel, tablet, laptop, atau komputer.

Aplikasi yang dapat kita buka semua aplikasi yang sudah menyediakan menu Chromecast, misalnya seperti YouTube dan Netflix. Cukup menyentuh logo Chromecast pada layar ponsel, dengan sekejap konten dari ponsel bisa tampil di layar televisi.