Google Luncurkan Android Oreo Go Untuk Ponsel Pintar Spesikasi Rendah

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google telah meluncurkan versi Android yang telah di desain khusus untuk ponsel pintar dengan spesifikasi rendah. Ini merupakan upaya google untuk mendorong pengguna ponsel biasa di pasar layanan nirkabel yang saat ini berkembang pesat di Asia.

Sistem operasi ini diberi nama Android Oreo Go yang dapat berjalan pada entry-level ponsel dengan kapasitas memori paling rendah 512 megabyte. Dengan hadirnya sistem operasi ini, Google berharap bulan depan ponsel pintar dengan sistem operasi tersebut sudah hadir di toko – toko.

Seperti dilansir dari Reuters, saat ini sistem operasi Android Oreo Go telah diluncurkan di India. Dengan jumlah 1,2 milyar pelanggan ponsel, pasar ponsel dan perangkat nirkabel di India berada di urutan kedua setelah Cina. Dari jumlah pelanggan tersebut hanya sepertiganya yang menggunakan ponsel pintar. Tentunya ini menjadikan sebuah peluang besar untuk Google, pembuat ponsel dan perusahaan telekomunikasi di India.

Walaupun harga ponsel sudah turun drastis dengan hadirnya ponsel buatan Cina dan lokal beberapa tahun terakhir ini. Namun, ini belum menjangkau pelanggan yang peduli dengan lancarnya penggunaan Android di ponsel berharga murah.

Menurut Shobhit Srivastasa, seorang analis dan peneliti teknologi dari Counterpoint, dengan adanya sistem operasi Android yang lebih ringan dan apabila sistem operasi ini berfungsi dengan baik, maka akan mampu menarik pembeli untuk ponsel pintar dikisaran harga 30 dolar sampai dengan 75 dolar Amerika.

Ponsel yang berjalan menggunakan sistem operasi Android Oreo Go akan mendapatkan akses ke versi khusus toko aplikasi Google Play. Toko aplikasi ini ditujukan aplikasi yang didesain dapat berjalan dengan baik di ponsel pintar dengan memori rendah.

Beberapa tahun terakhir ini Google lebih fokus di India, hal ini dapat dilihat dari inisiatif yang dilakukan Google dengan menyediakan layanan Wi-Fi gratis di stasiun kereta.

Produk lain yang diluncurkan oleh Google di India yaitu menghadirkan Google Assistant untuk JioPhone yang merupakan provider baru di India dan didukung oleh Mukesh Ambani salah satu orang terkaya di India. Selain itu, Google juga meluncurkan versi Google Maps yang di desain khusus untuk pengendara roda dua.(hh)

Sumber