Google Luncurkan Situs Baru Khusus Open Source

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Google merupakan bagian penting dari dunia open source. Mesin pencari raksasa itu telah memberikan kontribusinya pada sejumlah proyek-proyek yang hasilnya bisa dimanfaatkan dan memberikan kodenya untuk digunakan oleh banyak orang.

Baru-baru ini Google telah meluncurkan sebuah situs baru yang diperuntukkan bagi proyek-proyek open source. Situs yang baru diluncurkan oleh Google ini memiliki alamat url sebagai berikut opensource.google.com, yang akan membawa dan menyatukan semua proyek yang bersifat open source.

Google telah membuat pengumuman mengenai website baru mereka ini, mereka mengatakan bahwa perangkat lunak open source telah menjadi bagian teknis dan pondasi organisasi mereka sejak awal Google berdiri.

Server-server yang digunakan oleh Google berjalan menggunakan Linux dan mereka juga telah meluncurkan jutaan baris kode secara open source. Pada situs baru Google di opensource.google.com akan menghadirkan itu semua dalam satu kesatuan.

“Hari ini, kami telah meluncurkan situs opensource.google.com, sebuah situs baru untuk Google dalam menyajikan open source dalam satu wadah, dimana pada situs tersebut akan telihat inisiatif serta cara kami menggunakan informasi dan bagaimana kami melakukan dukungannya,” tulis Google.

“Guna menyajikan gambaran yang lengkap, kami sengaja meluncurkan direktori yang berisikan proyek-proyek open source yang kedepannya akan terus kami kembangkan. Pada sejumlah proyek-proyek tersebut kami juga menambahkan informasi mengenai penggunaan mereka pada Google. Harapan kami kedepannya Google akan mampu menambahkan informasi seputar siklus proyek dan tenggang waktunya,” tambah Google dalam tulisannya.

Untuk dapat melihat daftar dari proyek open source Google dapat diakses melalui tautan berikut ini. Selain itu kita juga dapat mendengarkan lansung pada podcast  terbaru mengenai situs baru Google tentang open source. Untuk informasi lebiht detail mengenai situs baru mereka opensource.google.com, silahkan klik pada tautan tersebut.

Peluncuran situs open source dari Google bersamaan dengan diluncurkannya dokumen internal Google mengenai cara memulai proyek open source di Google. Dokumen ini menjelaskan proses bagaimana Google meluncurkan sebuah proyek baru.(hh)