Hentikan Gunakan Enam Digit Password di iPhone!

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Apakah anda menggunakan enam digit password di iPhone? Apabila iya, maka anda perlu segera menggantinya. Karena itu sama sekali tidak memberikan perlindungan pada perangkat anda.

Saran ini muncul setelah perusahaan keamanan Malwarebytes membuktikan adanya teknologi murah yang dapat memecahkan password untuk segala jenis iPhone.

Alat tersenut dikembangkan oleh kontraktor agen intelijen AS dan mantan insinyur keamanan Apple. Alat tersebut dikenal sebagai GrayKey yang diklaim dapat memecahkan password iPhone yang menjalankan iOS 10 atau 11 dengan menggunakan teknik Brute-Force.

“GrayKey adalah perangkat berbentuk kotak dengan warna abu-abu, lebarnya empat inci dan ketebalannya sekitar dua inci. Ada dua kabel keluar dari bagian depan,” jelas Malwarebytes.

“Dua unit iPhone dapat dihubungkan sekaligus, setelah dihubungkan pada alat sekitar dua menit. Koneksi kedua iPhone akan terputus dari perangkat, tetapi password belum diperoleh,” lanjut Malwarebytes.

“Beberapa saat kemudian, ponsel akan menampilkan layar hitam dengan memperlihatkan password. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan password bervariasi, ada yang memakan waktu sampai dua jam,” ujar Malwarebytes.

“Bahkan bisa memakan waktu hingga tiga hari atau lebih, untuk password yang menggunakan enam digit. Menurut dokumen Grayshift, waktu yang diperlukan untuk sebuah memecahkan password yang lebih panjang dari enam digit tidak disebutkan. Bahkan ponsel yang telah di non aktifkan pun dapat diketahui passwordnya,” jelas Grayshift. ”

Setelah perangkat berhasil dibuka dengan password yang telah diperoleh melalui Greyshift, maka konten didalam perangkat akan secara lengkap diunduh ke dalam perangkat GrayKey. Nantinya data akan mereka mereka dapat diakses dengan menggunakan antarmuka berbasis web pada komputer yang terhubung perangkat tersebut..

Berdasarkan klaim yang dibuat oleh Grayshift dan Apple melakukan penundaan diantara upaya mendapatkan password. Hal ini dijelaskan oleh asisten profesor, dan cryptographer dari Institut Keamanan Informasi Johns Hopkins dan Matthew Green yang melakukan perhitungan matematika untuk mencari tahu sejumlah password yang rentan.

Berdasarkan temuan ini, maka jalan terbaik adalah dengan mengubah kata sandi yang anda gunakan sekarang menjadi 10 digit karena dengan 10 digit akan membutuhkan waktu sekitar 25 tahun bagi alat untuk memecahkannya.

Ternyata ini ada Ini berkorelasi dengan peneliti keamanan Ryan Duff yang mengatakan semakin panjang password akan menjadi lebih baik.

“Disamping itu, orang-orang harus menggunakan password kombinasi alfanumerik , sehinga password akan lebih aman. Setidaknya ada password memiliki campuran setidaknya huruf besar, huruf kecil, dan angka,” katanya kepada Motherboard.

“Menambahkan simbol sangat direkomendasikan dan akan membuat password rmenjadi rumit dan password juga panjang ,” jelas Ryan Duff.

Selain itu, pengguna iPhone dapat mengaktifkan pengaturan yang menghapus semua data dari telepon setelah 10 upaya kode sandi gagal.

CARA MENGGANTI PASSWORD IPHONE

• Buka penyetelan/ Setting

• Klik Sentuh ID & Kode Sandi dan masukkan kode sandi yang saat ini digunakan.

• Klik untuk mengubah password dan masukkan password yang digunakan saat ini sekali lagi

• Klik Opsi Password yang terletak di bagian bawah layar.

• Kemudian klik Kode Alfanumerik

• Masukkan password Anda dan pastikan untuk menyertakan huruf, angka, dan symbol

(hh)

Sumber