Ijin Uji Coba Mobil Tanpa Pengemudi Apple Dikeluarkan

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Sepertinya Apple akan mulai menyusul beberapa perusahaan teknologi yang telah mengembangkan mobil tanpa pengemudi. Tapi apakah itu benar? Lalu buat apa ijin uji coba itu dikeluarkan kalau memang tidak ada sesuatu yang berhubungan dengan kendaraan atau mobil.

Berdasarkan informasi dari situs Departemen Kendaraan California, Apple merupakan perusahaan yang baru saja menerima ijin untuk melakukan test kendaraan tanpa pengemudi di negara bagian tersebut. Sepertinya mereka akan mengikuti jejak sejumlah perusahaan pembuat mobil, pemasok dan perusahaan lain seperti Uber, Bosch, Mercedes-Benz , Faraday Futur dan Tesla.

Saat ini memang belum ada kejelasan mengenai apa yang sedang direncanakan oleh Apple. Tapi sesuatu pasti sedang berlangsung di perusahaan berlogo buah apel tersebut. Pengurusan ijin seperti itu memerlukan proses yang cukup lama. Karena banyak kelengkapan yang harus dipenuhi agar ijin tersebut dapat diterbitkan, seperti asuransi dan kelengkapan standar lainnya. Selain itu merekan juga harus menyertakan siapa petugas pelatihannya dan juga harus mendaftarkan semua kendaraan yang akan digunakan pada uji coba.

Memang informasi diatas bukanlah jaminan bahwa Apple sedang membuat mobil tanpa pengemudi. Namun, untuk saat ini sepertinya sudah bisa dipastikan apa yang dilakukan oleh Apple. Hal ini disampaikan oleh Tim Bradshaw dari Financial Times, ijin uji coba yang dikeluarkan untuk Apple meliputi tiga Lexus RX450h crossover. Dimana model mobil tersebut sama seperti yang digunakan oleh Waymo pada proses pengembangan ketika masih dibawah Google. Sudah pasti memang bukan Apple yang membuat mobilnya, tapi isu-isu seperti ini selalu berkembang sangat cepat dan menjadi viral.

Hingga saat ini Apple sendiri belum memberikan tanggapan mengenai hal tersebut. Namun, mereka menyatakan bahwa perusahaannya memang telah melakukan beberapa diskusi untuk melakukan investasi pada kendaraan tanpa pengemudi.

Apple tidak mungkin dapat merahasiakan proyek ini selamanya, sama halnya dengan proyek-proyek atau program-program yang mereka kerjakan dimana akhirnya muncul di internet informasinya. Apalagi dengan melakukan uji coba pada kendaraan tanpa pengemudi, karena apabila terjadi kecelakaan, perusahaan wajib melaporkan kejadian tersebut. Hal ini sudah merupakan bagian dari peraturan di negara bagian California untuk kendaraan tanpa pengemudi.(hh)