Ini Sebenarnya Harga Produksi dari iPhone X

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Seperti kita ketahui Apple telah meluncurkan produk baru mereka yaitu iPhone X. iPhone X juga memberikan lebih banyak uang bagi Apple ketimbang iPhone 8 yang sebelumnya diluncurkan. Berdasarkan hasil sebuah analisis, ternyata komponen yang digunakan pada iPhone X lebih mahal sekitar 25 persen dari iPhone 8, tetapi dari sisi retail keuntungan dari iPhone X 43 persen lebih tinggi.

Seperti dilansir dari Router, biaya produksi untuk komponen perangkat keras dari iPhone X telah berhasil di filter. Walaupun ini hanya sekedar estimasi, tetapi data – data yang diperoleh cukup akurat.

Perusahaan teknologi raksasa Apple secara resmi telah meluncurkan iPhone X pada 3 November 2017. Namun, untuk pemesanannya sendiri sudah dimulai dari tanggal 27 Oktober 2017. Ponsel pintar buat perusahaan asal Cupertino ini tersedia dengan harga 999 dolar Amerika atau sekitar 13,5 juta rupiah.

Sebuah perusahaan yang membongkar perangkat teknologi dan menganalisa komponen yang digunaka bernama TechInsights. Telah berhasil membuat perkiraan mengenai biaya produksi dari iPhone X. Terlihat bahwa komponen yang digunakan pada iPhone X lebih mahal ketimbang dengan yang digunakan pada iPhone 8.

Jadi berapa biaya yang dikeluarkan Apple untuk memproduksi iPhone X?

Biaya produksi yang dikeluarkan oleh Apple untuk membuat iPhone X adalah 357.50 dolar Amerika atau sekitar 4,8 juta rupiah. Apabila dibanding dengan harga jualnya 999 dolar, maka margin yang diperoleh Apple dari iPhone X 64 persen lebih tinggi daripada margin dari iPhone 8 sebesar 59 persen.

Sebagai contoh untuk layar OLED dengan ukuran 5.8 Inci yang digunakan iPhone, di estimasikan biayanya sebesar 65.50 dolar Amerika atau sekitar 800 ribu rupiah. Sementara layar LCD yang digunakan pada iPhone 8 biayanya hanya 36 dollar atau sekitar 400 ribu rupiah. Untuk casing stanless steel yang digunakan iPhone X biayanya sekitar 36 dolar, sementara iPhone 8 biaya untuk casingnya sekitar 21.50 dolar.

Setelah iPhone 8 diluncurkan, total biaya komponen yang digunakan adalah 247.51 dolar Amerika. Sementara untuk iPhone 8 Pluas totalnya sekitar 288.08 dolar. Estimasi dibuat dan dibagikan oleh IHS Markit.

Namun, yang perlu kita perhatikan bahwa selain biaya yang dikeluarkan Apple untuk menyediakan komponen dari iPhone X. Mereka juga harus mengeluarkan biaya untuk riset dan pengembangan, desain, enginerring, pemasaran, manufacturing, pemasangan, software dan juga pajak tentunya.(hh)

Sumber