Inilah Tingkat Keakuratan Berita di Beberapa Negara

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Tumbuhnya fenomena berita bohong telah memperburuk perilaku ketidakakuratan pada media berita, khususnya pada masalah – masalah  politik, peristiwa – peristiwa terkini dan ketika menyangkut keterlibatan individu – individu yang tidak bersalah.

Dengan adanya kekhawatiran meningkatnya berita bohong, maka kita tentunya ingin mengetahui negara mana yang paling percaya dengan keakuratan media berita di negara mereka.

Menurut hasil survery yang dilakukan oleh Pew Research Center di 38 negara, rata – rata sekitar 62 persen warganya mengatakan bahwa media berita di negara mereka bekerja dengan baik dalam menyampaikan berita yang akurat.

Berikut ini adalah infografik yang memperlihatkan sejumlah negara yang menjadi pilihan Pew untuk disurvey. Dapat dilihat, Belanda merupakan negara yang media beritanya paling dipercaya dalam menyampaikan liputan berita.

Ini Tingkat Keakuratan Berita di Beberapa Negara

Sebesar 82 persen suara di Belanda yakin akan berita disampaikan oleh medianya akurat. Sementara itu, sebesar 80 persen hasil suara dari India memperlihatkan masyarakatnya merasa media mereka telah bekerja baik menyampaikan berita – berita yang akurat.

Inggris telah mengalami perpecahan tajam menyusul akibat adanya pemungutan suara Brexit dan 63 persen warganya menganggap berita yang disampaikan oleh negara tersebut akurat.

Sementara di Amerika Serikat berita bohong telah menjadi sebuah topik yang diperdebatkan dan sebanyak 56 persen orang Amerika merasa bahwa laporan yang disampaikan oleh media berita mereka masih dapat dipercaya.

Nilai terburuk jatuh pada Yunani dalam pemungutan suara tersebut, dengan hanya 22 persen responden yang mengatakan bahwa liputan berita di negeri mereka akurat.(hh)

Sumber