Jaga Keamanan Rumah Dengan Aksesoris Rumah Pintar

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Ketika kita sedang berada diluar rumah, tentunya akan memudahkan pencuri menjadikan rumah kita sebagai target. Bahkan ketika kita membuka jendela atau pintu untuk mendapatkan udara segar, bisa menjadi peluang bagi siapa untuk masuk.

Namun, dengan adanya Internet of Things (IoT) semua ini menjadi lebih mudah, kita dapat melengkapi rumah kita dengan aksesoris-aksesoris rumah pintar untuk menjaga keamanan rumah. Dimana nantinya kita bisa memantau dan mengontrol rumah dari jarak jauh. Caranya pun cukup mudah, kita tinggal menggunakan ponsel pintar dengan tambahan aplikasi.

Dengan semakin canggihnya kemajuan teknologi saat ini, beberapa aksesoris untuk rumah pintar hadir untuk melindungi rumah dari para pencuri. Berikut beberapa aksesoris rumah pintar yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan rumah.

Kunci Solid Pintar

Smart Deadbolt

Mungkin yang paling penting dalam melindugi rumah dari pencuri adalah dengan menggunakan kunci solid yang tempat. Kini tersedia kunci solid pintar yang mempu melindungi rumah, bisa jadi para pencuri pun akan membencinya.

Misalnya saja kunci solid pintar buatan Schalge. Kunci solid pintar ini memilikir fitur seperti built-in alarm yang dapat mengusir para pencuri. Selain itu kunci solid pintar ini dapat digunakan dengan Apple HomeKit, sebuah cara yang cukup ampuh untuk mengusir siapa saja yang mencoba mendobrak pintu rumah kita.

Kunci solid pintar ini juga bisa difungsi menggunakan koneksi bluetooth, untuk membukanya menggunakan Siri atau aplikasi Schalge Sense. Dengan menggunakan HomeKit kita juga dapat mengatur waktu yang tempat untuk mengunci otomatis, sehingga kita dapat tidur dengan tenang tanpa harus khawatir pintu lupa dikunci.

Kunci Gembok Pintar

Smart Padlock

Kunci gembok pintar dari Mastel Lock Bluetooth memiliki teknologi anti shim, cara yang aman untuk menjaga rumah. Kunci gembok pintar ini akan mengirimkan pemberitahuan ketika seseorang mencoba membuka secara paksa.

Untuk membukanya diperlukan perangkat bluetooth yang sudah diotorisasi dan dalam jarak jangkau tertentu. Kunci gembok pintar ini juga didesain untuk tahan dalam berbagai cuaca dan sangat mudah digunakan dengan ponsel pintar. Melalui aplikasinya kita juga dapat menambahkan siapa saja yang mendapatkan akses untuk membuka kunci gembok pintar tersebut.

Sensor Gerakan Pintar

Smart Motion Sensor

Menggunakan kamera adalah cara terbaik untuk mengintai para pencuri, tapi tidak semua orang nyaman dengan adanya sistem keamanan seperti itu. SmartThings adalah sebuah alat untuk mendeteksi gerakan, dengan menggunakan SmartThings Home Monitor Kit, maka ia akan mampu menginformasikan dengan cepat apabila ada aksi-aksi yang mencurigakan.

Kita juga bisa mengkombinasikan alat ini dengan lampu dirumah, jadi apabila ada gerakan yang tertangkap oleh sensor gerakan pintar ini, otomatis akan membuat lampu menyala. Jadi, pencuri akan menyangka ada orang dirumah yang didatanginya.

Kamera Keamanan Web

Web Security Camera

Kamera keamanan web telah semakin canggih dan banyak digunakan saat ini. Netatmo menghadirkan sebuah kamera web yang telah dilengkapi teknologi pendeteksi wajah. Jadi, kamera ini bisa membedakan antara anak-anak yang pulang sekolah dan para pencuri. Selain itu, kamera ini juga bisa berfungsi sebagai hub dan juga sensor yang dapat mengirimkan pemberitahuan dari setiap jendela dan pintu dirumah yang dibuka dan ditutup.

Lampu Pintar

Smart Lights

Biasanya ada juga pencuri yang menekan bell atau mengetuk rumah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada orang dirumah. Kita tidak perlu berteriak untuk membuat mereka takut, cukup nyalakan lampu biasanya mereka langsung menghindar atau pergi. Untuk itu kita dapat menggunakan lampu BeOn, kita tidak perlu menggunakan sakelar untuk menyalakan lampu ini. Sebab, lampu pintar ini akan dapat mempelajari kapan jadwal lampu dinyalakan dan akan bekerja mengikuti jadwal tersebut. Ketika kita tidak sedang berada dirumah, built-in mikrofon pada lampu ini akan mendeteksi suara bel pintu dan otomatis ia akan menyala sendiri.(hh)