Jangan Klik Tautan Film Gratis Ini!

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Para pengguna Google Chrome harus waspada dengan adanya tautan yang menawarkan ‘film gratis’. Tautan tersebut yang melakukan spam pada Chrome Web Store. Chrome Web Store adalah tempat untuk pengguna Google Chrome mengunduh aplikasi dan ekstensi.

Ekstensi yang tersedia di Chrome Store memiliki berbagai kegunaan, mulai dari yang memiliki kemampuan memblokir tautan torrent palsu di The Pirate Bay dan juga untuk meningkatkan keamanan. Chrome Web Store juga memiliki bagian untuk tema tampilan Chrome, yang dapat dipasang untuk mengubah tampilan browser Chrome.

Namun, baru-baru ini bagian tema Chrome Web Store telah mulai dimanfaatkan untuk penyebaran sejumlah pembaruan palsu. Ada pihak ketiga yang tidak dikenal mulai menggunakan Chrome Web Store untuk mempromosikan tautan ‘film gratis’.

Setiap tema yang ada didedikasikan untuk film blockbuster saat ini, seperti untuk film Avengers Infinity War, Black Panther, dan Ready Player One. Tema-tema tersebut menjanjikan akses ke versi ‘full HD online 4K’ dari film, seperti dilaporkan oleh TorrentFreak.

Namun, ketika pengguna Chrome mengunduh tema tersebut, mereka akan diarahkan ke sebuah platform bernama Vioos.co.

Situs tersebut memberikan kesan seolah-olah sebagai portal streaming tetapi sebenarnya tidak ada gunanya. Ketika pengunjung mengklik pada tautan yang diduga video. sekali lagi hanya akan membawa pengguna kepada sebuah situs lain bernama Zumastar.

Selanjutnya pengguna Chrome diminta untuk membuat akun gratis yang akan memungkinkan mereka mendapatkan janjia untul mengakses serta mendapatkan unduhan & streaming tanpa batas.

TorrentFreak melaporkan bahwa beberapa kunjungan ke Vioos.co juga akan mengarahkan pengunjung ke EtnaMedia.net.

Pengunjung EtnaMedia.net telah melaporkan di forum online tentang adanya uang yang diambil yang diambil dari kartu kredit mereka. Sejumlah pengguna yang telah mengunjungi EtnaMedia.net melihat memang ada sejumlah uang yang diambil dari kartu kredit.

Hingga saat ini telah ada 1,134 orang yang mengunduh tema Avengers Infinity War. Sementara Black Panther telah didownload lebih dari 1,823 orang.(hh)

Sumber