Jutaan Orang Masih Tidak Memahami Teknologi Modern

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Dari sebuah penelitian yang telah dilakukan ditemukan Jutaan orang di Inggris masih tidak mengerti mengenai teknologi. Banyak dari mereka yang tidak tahu perbedaan antara unggahan dan unduhan.

Para peneliti telah menemukan seperempat dari jumlah warga di Inggris tidak mengetahui apa-apa tentang “cloud” dan tidak mengetahui bagaimana “penyimpanan cloud” bekerja. Bahkan banyak yang tidak mengetahui singkatan-singkatan dari teknologi, seperti USB dan Wi-Fi.

Kurang dari setengah warga Inggris tahu bahwa USB adalah singkatan dari “Universal Serial Bus”, dan hampir seperempatnya berpikir istilah populer untuk USB adalah “Universal System Block” atau “Uniform Standard Block”.

Sementara tiga perempat dari warga Inggris juga secara keliru percaya bahwa Wi-Fi adalah singkatan dari sesuatu, padahal sebenarnya istilah Wi-Fi itu hanya sebuah frasa dan tidak benar-benar mewakili apa pun.

Jajak pendapat yang dilakukan pada 2.000 orang dewasa oleh Currys PC World mengungkapkan dua pertiga orang mengakui bahwa pengetahuan teknologi mereka adalah yang terbaik. Sementara 42 persen mengaku mereka merasa teknologi saat ini terlalu rumit.

Terlepas dari tingginya persentase warga Inggris yang menggunakan perangkat teknologi secara rutin, delapan dari sepuluh orang dewasa menggunakan smartphone dan hampir dua pertiganya setiap hari menggunakan laptop.

Sebagian masalah juga adalah tertinggalnya perangkat teknologi yang digunakan oleh warga di Inggris. Banyak dari mereka yang mengatakn bahwa laptop atau komputer mereka terlalu lambat, terlalu tua, atau mereka tidak memiliki cukup memori.

Sementara itu, Enam dari sepuluh responden juga mengatakan bahwa mereka merasa frustrasi ketika mereka tidak dapat membuat komputer mereka melakukan apa yang mereka inginkan, sehingga menimbulkan rasa marah dan ketidakmampuan.

Empat dari sepuluh orang dewasa merasa mereka dapat mengandalkan anak-anak mereka untuk membantu mereka dengan masalah teknis, tampaknya para remaja di Inggris kurang mengetahui hal tersebut.

Tetapi banyak juga orang dewasa di Inggris yang lebih cenderung memahami istilah yang digunakan secara luas seperti ‘Firewall’, ‘Modem’ dan ‘Unduhan’ dibandingkan dengan para remajanya di masa kini.

Namun, hampir satu dari sepuluh di antara 55 orang yang berpartisipasi dalam penelitian OnePoll.com lebih cenderung percaya bahwa filter digunakan untuk membuat kopi, ketimbang istilah untuk mengubah bagaimana foto dapat terlihat lebih baik.

Mungkin saja para remaja di Inggris tidak akrab dengan istilah-istilah yang lebih tradisional seperti orang yang lebih tua, tetapi orang muda membuktikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang kuat dari slang teknologi modern, dengan frase seperti “meluncur ke DM Anda” dan “bumerang” hingga sembilan kali lebih mungkin untuk digunakan dalam kosakata mereka. (hh)

Sumber