Kamera Dengan Sistem Kecerdasan Buatan Ini Mampu Deteksi Senjata

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Athena Security telah mengembangkan sistem kamera yang menggunakan sistem kecerdasan buatan yang dikombinasikan dengan teknologi cloud yang bertujuan untuk mendeteksi senjata dan memperingatkan pihak berwenang.

Perusahaan keamanan tersebut mengatakan bahwa sistem kecerdasan buatan pada kamera itu dapat mengenali senjata dan memberitahukan polisi dengan cepat, sehingga korban jatuh dapat dicegah di lokasi di mana sistem diimplementasikan, seperti sekolah atau mall. Saat ini telah kamera telah dipasang di Archbishop Wood High School di Warminster, Pennsylvania.

Pada saat sistem menemukan senjata di sekitar lokasi, ia akan menggunakan cloud untuk mengirim informasi itu kepada orang-orang yang membutuhkannya, baik itu pemilik bisnis atau penegak hukum.

Selain itu, kamera juga dapat menyiarkan cuplikan dari tempat kejadian melalui aplikasi, sehingga dapat memberikan sekilas gambaran pada polisi mengenai apa yang sedang terjadi dan di lokasinya. Pengguna juga memiliki opsi untuk menghubungkan kamera ke sistem keamanan pihak ketiga lainnya dan dapat memungkinkannya unyuk mengunci pintu atau menghentikan lift.

Salah informasi bisa menjadi masalah bagi sistem penglihatan komputer, dan itu akan sangat merepotkan untuk kamera keamanan yang memiliki kemampuan untuk memberikan pemberitahuan kepada polisi secara langsung.

Walaupun demikian perusahaan keamanan tersebut mengklaim sistem mampe mendeteksi senjata dengan tingkat keakuratan 99 persen.

“Kami pada dasarnya telah melakukan penyempurnaan,” ujar co-founder Lisa Falzone

“Dan jadi kami sudah mulai bekerja pada bentuk kejahatan lain seperti perkelahian dan penggunaan senjata tajam. Kami juga berharap untuk sistem yang mampu mendeteksi perkelahian harus dilakukan dalam beberapa bulan ke depan, setidaknya versi pertama diluncurkan,” imbuhnya.

Pada tahun 2015, sebuah perusahaan bernama NanoWatt Design mencoba melakukan crowdfund perangkat kamera bernama GunDetect, yang juga menggunakan penglihatan komputer untuk mendeteksi senjata api dan peringatan teks kepada penggunanya. Sekarang sistem keamanannya dapat disesuaikan untuk mendeteksi ancaman spesifik, termasuk senjata.(hh)

Sumber