Kebangkitan Aplikasi Ponsel, Turunnya Penggunaan Panggilan Telepon

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jumlah panggilan telepon yang dilakukan dari perangkat seluler di Inggris telah turun drastis untuk pertama kalinya, walaupun ketergantungan pada ponsel pintar terus meningkat.

Menurut Ofcom, regulator telekomunikasi di Inggris, popularitas aplikasi seperti WhatsApp, Snapchat, dan Facebook Messenger telah mengurangi jumlah waktu yang digunakan oleh pengguna ponsel untuk menggunakan panggilan telepon ketika menghubungi teman dan keluarga.

Sementara itu, tiga perempat dari orang percaya bahwa panggilan suara masih merupakan salah satu alasan penting untuk menggunakan ponsel pintar dan 92 persen mengatakan kemampuan menjelajah internet dari ponsel mereka sangat penting.

Berdasarkan hasil penelitian, pihak regulator melihat total volume panggilan keluar melalui ponsel turun sebanyak 2,5 miliar menit dari 148,6 miliar menit. Orang dewasa sekarang dapat menghabiskan waktu mereka rata-rata 2 jam dan 28 menit sehari untuk online melalui ponsel pintar. Sementara para remaja usia 18-24 tahun menghabiskan lebih banyak waktu untuk online yaitu sekitar 3 jam dan 14 menit melalui ponsel pintar mereka setiap harinya.

Sebesar 78 persen orang dewasa mengatakan mereka tidak bisa hidup tanpa ponsel pintar. Dua dari lima orang dewasa memeriksa perangkat mereka lima menit setelah bangun tidur. Dan tujuh dari 10 komuter menghabiskan waktu mereka dengan menggunakan ponsel pintar dalam perjalanan menuju tempat kerja.

Selain itu, hasil dari penelitian Ofcom juga memperlihatkan adanya beberapa orang yang merasa tidak nyaman dengan kecanduan mereka terhadap ponsel. Dua dari lima orang mengatakan bahwa mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat ponsel, dan 54 persen mengaku bahwa penggunaan ponsel pintar mengganggu percakapan tatap muka dengan teman atau keluarga.

Ada kesepakatan umum mengenai cara paling menjengkelkan ketika orang menggunakan ponsel mereka. Tiga perempat dari pengguna ponsel merasa jengkel ketika sesama penumpang sedang mendengarkan musik atau bermain game dengan suara keras di angkutan umum, sementara 81 persen merasa keberatan terhadap orang lain yang serius menggunakan ponsel pintar pada waktu makan.

Saat ini ponsel pintar lebih berharga daripada televisi, 48 persen pengguna ponsel mengatakan bahwa ponsel pintar adalah perangkat yang paling mereka rindukan Sementara 28 persen mengatakan bahwa televisi masih penting.(hh)

Sumber